Masalah India, Solusi Yaman? Pertukaran Hukum di Abad Keenam Belas


Dalam literatur yang ada mengenai sejarah hukum Islam dan tradisi Islam di Asia Selatan atau Tenggara, kumpulan fatwa dari “pinggiran” dunia Muslim sebagian besar telah diabaikan, meskipun terdapat banyak teks serupa di kedua wilayah tersebut. Makalah ini berfokus pada dua kompilasi fatwa dari Malabar abad keenam belas di barat daya India untuk mengeksplorasi pertukaran hukum antara ulama mazhab Shāfiʿī dari India dan Yaman.

 

Koleksinya yang berjudul Ajwibat al-Zabīdiyya li asʾilat al-Kālikutiyya (“Jawaban Zabīdī atas Pertanyaan Kalikut”) dan Ajwibat al-ʿajība ʿan al-asʾilat al-gharība (“Jawaban Menakjubkan atas Pertanyaan Langka”) menunjukkan pola-pola aneh di dalamnya genre fatwa. Kumpulan pertama terdiri dari jawaban-jawaban dari ahli hukum yang sama di Zabīd terhadap lebih dari tiga puluh pertanyaan yang diterimanya dari Malabar, sedangkan kumpulan kedua berisi pertanyaan-pertanyaan dari seorang ahli hukum dari Malabar kepada berbagai ahli hukum di Asia Selatan dan Timur Tengah, termasuk Yaman.

 

Pembacaan yang terhubung dari kedua kumpulan ini, bersama dengan beberapa kumpulan fatwa Syafi'i dari Yaman pada abad keenam belas, menunjukkan perdebatan dan keprihatinan yang melintasi ribuan mil antara Asia Selatan dan Arab Selatan, dan cara-cara di mana hukum Islam dibuat ulang melalui percakapan terus-menerus. Antara para ahli hukum dari latar belakang bahasa, daerah dan budaya yang berbeda. Ketika menjawab pertanyaan dan jawaban yuridis terkait ritual, perdagangan, dan pertanian, saya berargumen bahwa tindakan mengajukan pertanyaan itu sendiri merupakan ekspresi otoritas agama adat dan perdebatan yuridis yang lebih dalam, sementara jawabannya mencerminkan kontinum sosio-kultural dan ekonomi yang berkelanjutan antar-wilayah. Difasilitasi melalui jaringan Samudera Hindia pada saat itu. Selengkapnya

Posting Komentar

0 Komentar