Kegiatan Alih Aksara, Alih Bahasa, Saduran, dan Kajian Naskah Kuno Nusantara Berbasis Kompetisi



Jumlah naskah Nusantara yang tersebar di seluruh dunia mencapai ratusan ribu, tersimpan di perpustakaan, museum, komunitas adat, dan masyarakat umum. Sayangnya, dibandingkan dengan jumlahnya yang sangat melimpah, hasil-hasil kajian terhadap naskah tersebut masih sangat terbatas. Padahal, sebagai sumber sejarah, naskah Nusantara dapat memberi sumbangan yang sangat penting bagi penguatan identitas kebudayaan bangsa Indonesia. 

 

Perpustakaan Nasional mengajak para peneliti, filolog, sastrawan, mahasiswa sarjana dan pascasarjana, dan masyarakat umum yang memiliki minat terhadap naskah Nusantara agar mengirimkan karya tulisnya untuk mengikuti kompetisi ini.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan 160 buku terbitan elektronik yang berkualitas dalam bentuk alih aksara, alih bahasa, saduran, dan kajian, yang memudahkan akses masyarakat terhadap kandungan informasi naskah Nusantara sehingga masyarakat dapat menikmati karya-karya leluhur bangsa. 

 

Simak lebih lanjut persyaratan dan lini masa kegiatan ini dalam Buku Petunjuk Teknis yang dapat diunduh di tautan https://bit.ly/JuknisKompetisiNaskah2024

Posting Komentar

0 Komentar