Summer Institute: Humaniora Digital untuk Studi Hellenic


Lokakarya ini diperuntukkan bagi para sarjana yang penasaran untuk mengeksplorasi metode komputasi untuk menganalisis budaya tekstual dunia Mediterania kuno dan abad pertengahan. Topik yang dibahas dapat mencakup Pengenalan Teks Tulisan Tangan (HTR), pengkodean teks, analisis teks, pendekatan pembelajaran mesin/AI, dan/atau lainnya berdasarkan minat peserta. Melalui diskusi seminar, sesi demo/instruksi, dan konsultasi proyek individu, peserta akan memahami kemampuan dan keterbatasan teknologi yang muncul untuk studi teks, sekaligus mendapatkan pengalaman langsung dengan metode dan alat untuk mempercepat penelitian mereka sendiri.

 

Pelamar harus memiliki masalah penelitian atau ide proyek yang dapat memperoleh manfaat dari pendekatan ini; tidak diperlukan pengalaman teknis atau latar belakang humaniora digital. Topik penelitian harus terkait dengan studi tentang dunia Yunani yang dipahami secara luas, dan harus fokus pada materi tekstual (manuskrip, prasasti, dokumen arsip, buku cetakan awal, dan artefak tekstual lainnya) yang diproduksi sebelum tahun 1600. Teks boleh dalam bahasa Yunani dan/atau dalam bahasa Yunanibahasa dari dunia Yunani. Sarjana dari disiplin ilmu apa pun dipersilakan untuk melamar.

 

Peserta akan diminta untuk melakukan pembacaan persiapan dan membiasakan diri dengan alat-alat tertentu sebelum lokakarya. Selain membuat kemajuan dalam proyek penelitian, peserta akan belajar tentang bidang dinamis Humaniora Digital di Yunani, dan bertemu dengan beberapa pemimpin dalam studi digital di lembaga akademik dan warisan budaya Yunani.

 

Para sarjana dari Center for Digital Humanities (CDH) Princeton, inisiatif MARBAS Princeton, dan Program MSc dalam Metode Digital untuk Humaniora di Universitas Ekonomi dan Bisnis Athena (AUEB) akan bertindak sebagai instruktur. Lokakarya akan berlangsung di Princeton Athens Center di Athena, Yunani. Selengkapnya

Posting Komentar

0 Komentar