Mayr Tsutsak: Katalog Utama Naskah Armenia Mashtots Matenadaran


Salah satu tujuan utama Matenadaran adalah deskripsi ilmiah, persiapan dan publikasi “Mayr Tsutsak,” atau Katalog Utama Naskah Armenia Mashtots Matenadaran. Dalam Matenadaran, karya deskripsi naskah telah dilakukan sepanjang sejarah Matenadaran. Matenadaran mulai menyusun daftar singkat manuskripnya pada tahun 1960-an, dan menerbitkan dua jilid daftar singkat tersebut; yang pertama, pada tahun 1965, dan yang kedua, pada tahun 1970. Setelah penerbitan dua jilid, kelompok ilmuwan yang sama mulai mendeskripsikan manuskrip tersebut. Pada tahun 1984, volume pertama “Mayr Tsutsak” diterbitkan. Saat ini, ada delapan volume “Mayr Tsutsak” dan versi digitalnya tersedia di situs Matenadaran.

 

Pada tahun 1890-an Pendeta Jacobus Tashean mengembangkan 30 poin yang digunakan untuk menjelaskan naskah-naskah tersebut berdasarkan hasil diskusi para ilmuwan dari Jemaat Mekhitarist di Wina. Di Matenadaran 30 poin tersebut diedit, diperbaiki, ditambah, pertanyaan dan jawabannya dibuang agar informasi penting dapat segera disimak. Uraian naskah memiliki 3 bagian utama: tanda luar; isi; waktu menulis dan penyebutan di masa depan. Pada titik ini manuskrip diperlihatkan kepada pembaca sebagai monumen budaya material dan spiritual.

 

Departemen Studi Naskah dan Mayr Tsutsak dipimpin pertama oleh Asatur Mnatsakanyan, disusul oleh Onnik Yeganyan, Paylak Antabyan, dan Hakob Keoseyan. Sejak 2007 kepala departemen dijabat oleh Gevorg Ter-Vardanyan. Ada 25 spesialis muda yang bekerja di departemen tersebut.

 

Koleksi naskah dasar Armenia (11.230 unit), fragmen Armenia (2.200 unit) dan naskah pita Armenia (530 unit) juga dijelaskan dalam Matenadaran. Lebih dari 7.000 manuskrip telah diserahkan untuk deskripsi ilmiah. Filolog Vardan Devrikyan menciptakan indeks nama. Mayr Tsutsak diproyeksikan memiliki 40 volume. Volume ini diterbitkan dengan bantuan dukungan Yayasan “Calouste Gulbenkian”. Selengkapnya

Posting Komentar

0 Komentar