Call for Proposal: Inisiatif Memori Dunia UNESCO untuk Melindungi Warisan Dokumenter yang Berisiko


Misi Program Memori Dunia UNESCO adalah untuk memfasilitasi pelestarian warisan dokumenter dunia, memungkinkan akses universal dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya warisan tersebut. Berdasarkan rekomendasi UNESCO tahun 2015 mengenai Pelestarian, dan Akses terhadap, Warisan Dokumenter termasuk dalam Bentuk Digital. Isu pelestarian warisan dokumenter memungkinkan adanya keterkaitan lebih jauh dengan perjanjian pembangunan internasional lainnya, terutama Kerangka Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana 2015-2030, yang menyediakan mekanisme yang berguna untuk mendiskusikan kemungkinan tindakan kebijakan untuk pelestarian warisan dokumenter. 

 

Keterkaitan ini memungkinkan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan pembuat kebijakan, lembaga memori dan pemangku kepentingan global lainnya mengenai perlunya memasukkan pendekatan manajemen bencana ke dalam undang-undang dan praktik untuk pelestarian warisan dokumenter yang berkelanjutan. Dalam konteks ini dan dengan dukungan dari Japanese Funds-in-Trust, Memory of the World Program telah melaksanakan proyek-proyek yang memajukan strategi manajemen bencana ke dalam praktik safeguarding melalui pengembangan kebijakan, peningkatan kapasitas dan peningkatan kerja sama internasional. 

 

Namun demikian, mengingat meningkatnya tantangan, konflik, dan konflik global, perang dan isu-isu lingkungan hidup, yang sangat rentan dialami oleh negara-negara tertinggal dan negara-negara berkembang kepulauan kecil, Program ini telah meluncurkan Inisiatif Memori Dunia UNESCO untuk Melindungi Warisan Dokumenter yang berisiko, dengan fokus pada respons terhadap kebutuhan dan isu-isu lokal. Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung upaya mengatasi permasalahan di lapangan dengan memberikan bantuan keuangan kepada proyek-proyek lokal, nasional, regional, dan internasional berdasarkan permintaan proposal global. ​

Posting Komentar

0 Komentar