Women's Worlds in Qajar Iran


Tujuan Dunia Wanita di Qajar Iran adalah untuk mengatasi kesenjangan dalam keilmuan dan pemahaman tentang kehidupan wanita selama era Qajar (1786 - 1925) di Iran dengan mengembangkan sumber daya digital komprehensif yang memelihara, menghubungkan, dan menjadikan sumber utama yang dapat diakses materi terkait sejarah sosial dan budaya dunia perempuan di Qajar Iran. Melalui penggunaan teknologi, ini menyatukan arsip-arsip yang kurang dikenal yang tersebar di seluruh dunia.

 

Mengingat kelangkaan materi sumber utama yang tersedia terkait dengan perempuan di era Qajar, tidak mengherankan bahwa hingga saat ini, sebagian besar sejarah sosial Qajar berfokus hampir secara eksklusif pada perjuangan, pencapaian, dan realitas sehari-hari. laki-laki pada masa itu. Ini sebagian masalah kemanfaatan; sementara tulisan laki-laki telah dengan mudah diakses di berbagai arsip nasional selama beberapa dekade (dan banyak yang telah diterbitkan dalam beberapa tahun terakhir dalam volume yang diedit), sebagian besar tulisan perempuan, foto, dan makalah pribadi lainnya sampai saat ini tetap diasingkan di tangan keluarga pribadi.

 

WWQI bertujuan untuk membuka dokumentasi sejarah sosial dan budaya perempuan Qajar, sehingga memungkinkan pemeriksaan pola hidup yang lebih luas selama era ini. Koleksi kami memberikan perhatian khusus pada materi yang akan menerangi hubungan perempuan satu sama lain dan dengan anggota keluarga dari berbagai generasi, peran mereka dalam ritual siklus hidup, persepsi mereka tentang perempuan di luar Iran (Kekaisaran Ottoman, Asia Selatan, dan Eropa, khususnya ), dan interkoneksi yang dijalin oleh aktivitas, jaringan, dan kesetiaan perempuan di antara berbagai komunitas etnis dan agama. Periode Qajar dikenal dengan berkembangnya semua bentuk ekspresi artistik, terutama kaligrafi dan gaya potret khas yang dipengaruhi Eropa; untuk keragaman keyakinan dan praktik keagamaan; dan untuk pembukaan baru Iran ke negara dan budaya lain. Di luar sekadar sejarawan studi wanita dan/atau periode Qajar, kami berharap para sarjana dan mahasiswa seni dan sejarah seni, agama, sastra komparatif, dan bahasa—untuk menyebutkan beberapa bidang studi yang luas—akan menemukan banyak hal dalam arsip ini yang memperdalam atau memperluas pekerjaan mereka.

 

Pada tahun 2009, Women's World di Qajar Iran menerima hibah dua tahun dari National Endowment for the Humanities yang memungkinkan tahap awal proyek. Fase proyek ini dipimpin oleh tim sarjana, Dominic Parviz Brookshaw, Manoutchehr M. Eskandari-Qajar, Nahid Mozaffari, Naghmeh Sohrabi, dan Afsaneh Najmabadi, di bawah manajemen proyek Ramyar Rossoukh. Situs web dan database awal dikembangkan oleh Charles Forcey dari Historicus, Inc. dan Pendar Yousefi dari Mahimoto. Enter

Posting Komentar

0 Komentar