Syri.ac: An Annotated Bibliography of Syriac Resources Online


Selamat datang di syri.ac! Situs ini adalah bibliografi beranotasi komprehensif sumber daya akses terbuka yang terkait dengan studi bahasa Suryani. Situs ini diselenggarakan oleh Universitas Oklahoma dan bertempat di Departemen Klasik dan Sastra. Iterasi sebelumnya disebut "Sumber untuk Studi Syria" dan diselenggarakan oleh Perpustakaan dan Koleksi Riset Dumbarton Oaks di Washington, DC dari 2012 hingga 2015. Kami berterima kasih kepada kedua institusi atas dukungan mereka terhadap proyek kami. Pekerjaan editorial di situs ini dilakukan oleh Jack Tannous (Universitas Princeton), Scott Johnson (Universitas Oklahoma), dan Morgan Reed (Universitas Katolik Amerika).

 

Sejumlah halaman baru telah ditambahkan ke situs ini. Perhatikan halaman-halaman yang didedikasikan untuk Bibliotheca Hagiographica Orientalis, Isaac of Antioch, Jacob of Sarug, dan Narsai, yang ditulis oleh Morgan Reed pada musim panas 2015.

 

Meskipun desain dan struktur situs ini masih dalam pengembangan, semua konten harus dapat diakses melalui indeks di bagian atas setiap halaman. Jika Anda menemukan masalah atau kesalahan, atau jika Anda memiliki saran untuk perbaikan lebih lanjut, kirimkan catatan kepada kami melalui formulir Kontak di bilah menu.

 

Belum lama berselang, orang-orang yang tertarik pada studi Syria yang tidak beruntung tinggal di pusat-pusat pembelajaran kuno di Eropa atau dekat dengan segelintir perpustakaan universitas besar atau lembaga penelitian di Amerika Utara lumpuh karena tidak memiliki akses ke karya-karya penting dan mendasar dari beasiswa Syria.

 

Institusi yang tertarik untuk mengembangkan program baru dalam studi bahasa Syria juga berada pada posisi yang tidak menguntungkan: sementara mereka mungkin dapat membeli materi baru di bidang Syriac dan Kristen Timur, karya yang lebih tua dan lebih langka sangat mahal untuk dibeli atau tidak tersedia. Seseorang, misalnya, ingin membeli edisi puisi Jacob of Sarugh karya Paul Bedjan mungkin terlihat panjang dan sulit untuk dibeli, namun tetap tidak menemukan salinan yang tersedia untuk dibeli, tidak peduli seberapa dalam sakunya.

 

Munculnya inisiatif digitalisasi oleh Google, Microsoft, Bibliothéque Nationale de France, Universitas Brigham Young, ULB Halle, Beth Mardutho (eBeth Arke), Perpustakaan Goussen, dan lainnya, bagaimanapun, telah sepenuhnya merevolusi situasi ini dan memiliki demokratisasi yang radikal. mempengaruhi studi bahasa Syria. Dunia, bisa dikatakan, sekarang datar. Selama dia memiliki akses ke internet, seorang siswa sekarang dapat berada di mana saja di dunia dan membaca, menikmati, dan memanfaatkan kekayaan beasiswa Suriah selama berabad-abad. Upaya Sergey Minov dan timnya di Hebrew University telah sangat memudahkan tugas ini dengan menggabungkan bibliografi standar Moss dan Brock (dan lainnya) dan memasukkannya ke dalam database yang dapat dicari, secara online. Pada saat yang sama, upaya luar biasa dari Museum Hill dan Perpustakaan Manuskrip, yang dipimpin oleh Columba Stewart yang terpelajar dan tak kenal lelah serta pemimpin katalognya yang luar biasa, Adam McCollum, keduanya melestarikan koleksi manuskrip di seluruh Timur Tengah dan membuatnya dapat diakses oleh para sarjana dan diaspora. masyarakat dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tak terbayangkan sebelumnya. Hal-hal yang tidak mungkin dilihat beberapa tahun yang lalu, atau hanya diketahui melalui deskripsi dalam artikel yang ditulis oleh Arthur Vööbus, kini tersedia bagi siapa saja yang menghubungi orang-orang baik di HMML. Ketika pekerjaan pelestarian HMML selesai di Timur Tengah dan manuskrip digitalnya telah diinventarisasi, kita akan memiliki pemahaman yang lebih kaya dan lebih lengkap tentang sejarah sastra Syria; memang, upaya mereka menjanjikan membuat banyak instrumen Syria fundamental menjadi ketinggalan zaman.

 

Inisiatif-inisiatif ini dan sejumlah inisiatif serupa lainnya secara radikal mengubah sifat studi Syria dan melakukannya secara eksponensial. George Kiraz dan Gorgias Press telah, dengan usaha keras, memindai dan mencetak kembali sejumlah besar buku-buku penting dari era keemasan studi bahasa Syria di abad ke-19 dan awal abad ke-20.

 

Lebih banyak informasi, sumber daya yang lebih baik, dan literatur yang lebih kaya sekarang tersedia untuk lebih banyak orang, di mana saja. Salah satu hasil paling membahagiakan dari perkembangan ini adalah masyarakat yang tinggal di Timur Tengah dan India, rumah tradisi Kristen Syria, kini dapat mengakses teks dan alat bantu belajar yang sebelumnya hanya dapat ditemukan di perpustakaan di luar kedua wilayah tersebut. Internet telah memungkinkan teks-teks ini, seolah-olah, kembali ke rumah.

 

Tujuan kami untuk halaman-halaman ini adalah untuk mengumpulkan, mengatur, dan membuat anotasi sebanyak mungkin karya dasar keilmuan Syria yang dapat ditemukan secara online dan tersedia secara gratis. Kami sangat yakin bahwa akses bebas dan terbuka terhadap materi ilmiah harus didorong dan akan menjadi landasan fundamental, landasan ilmu pengetahuan masa depan yang tidak dapat dinegosiasikan. Semua buku yang ditautkan di sini (sejauh pengetahuan kami) tidak memiliki hak cipta dan dihosting oleh gudang digital seperti Google, Archive.org, dan Hathi Tru.

Posting Komentar

0 Komentar