Sumber Materi Awal Islam dan Akhir Keantikan Timur Dekat


Sementara proyek digitalisasi besar adalah hal yang baik, itu juga membuat semakin sulit untuk melacak apa yang terjadi di lapangan. Dengan membuat daftar database penting dan sumber-sumber lain, situs web ini bermaksud membantu para sarjana di bidang Islam Awal dan Timur Dekat Antik Akhir dengan itu. Fokusnya adalah pada sumber materi dan kami berharap dapat mendorong penggunaan sumber tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap tentang sejarah Islam.

 

Situs web ini berasal dari proyek Embedding Conquest: Naturalising Muslim Rule in the Early Islamic Empire (600-1000) (PI Petra Sijpesteijn) di Leiden University yang didanai oleh European Research Council (ERC), grant agreement No 683194. Namun, pekerjaan yang dilakukan di lokasi tidak terbatas pada ruang lingkup proyek. Sebaliknya, itu dipahami sebagai alat yang menghubungkan komunitas cendekiawan, dan kolaborasi disambut baik.

 

Proyek ini menawarkan contoh yang kuat tentang bagaimana beralih dari 'sumber tradisional' seperti teks sastra dan mengintegrasikan berbagai sumber material mulai dari koin hingga pecahan tembikar hingga papirus. Dengan menempatkan barang-barang yang awalnya banyak dikoleksi karena nilai estetikanya, dalam konteks sejarah yang lebih luas, koneksi baru mulai muncul. Meskipun fokus pada bukti dokumenter relatif baru di bidang ini, kami menemukan bahwa ketersediaan buku pegangan dan situs ikhtisar masih terbatas. Selain itu, para sarjana mungkin merasakan kecemasan untuk pindah ke 'bidang baru'. Dari mana Anda memulai, ketika Anda ingin memasukkan berbagai sumber materi yang belum pernah Anda kerjakan sebelumnya ke dalam penelitian Anda? Untuk itulah kami membuat website ini, sebagai titik awal untuk memasukkan sumber-sumber material untuk melengkapi penelitian sejarah ‘tradisional’. Bagian inheren dari bekerja dengan koleksi juga mempertanyakan aktivitas pengumpulan. Dari mana asal artefak tertentu dan bagaimana mereka berakhir di koleksi mereka. Untuk pengantar singkat tentang asalnya, baca blog kami. Enter

Posting Komentar

0 Komentar