Shahnama Project at the Cambridge Digital Library


Selamat datang kembali di situs web Proyek Shahnama, yang telah mengalami transformasi selama beberapa bulan saat dipindahkan ke platform baru di Perpustakaan Digital Cambridge. Ini adalah peluncuran kecil pertama dari uji coba situs baru, yang akan terus berlanjut selama beberapa bulan, dengan pembaruan dan penyempurnaan rutin karena data dan fungsionalitas dibawa dari situs lama. Harap tetap sabar! Semua komentar disambut.

 

Situs ini memberi Anda koleksi manuskrip Shahnama yang sangat besar dan tampilan lukisan miniatur di masing-masingnya. Ini memungkinkan Anda untuk melihat dan membandingkan semua penggambaran yang berbeda dari adegan tertentu dalam narasi dan untuk menjelajahi hubungan teks-gambar di seluruh korpus.

 

Shahnama Firdausi (Buku Raja, atau Raja Buku), selesai di Iran timur sekitar tahun 1010 M, adalah karya mitologi, sejarah, sastra dan etika politik: sebuah puisi epik hidup sekitar 50.000 ayat yang meliputi dan mengungkapkan banyak aspek dari budaya Persia. Ribuan salinan manuskrip teks tersebut, yang paling awal berasal dari tahun 1216, ada di perpustakaan di seluruh dunia. Ratusan di antaranya diilustrasikan dengan lukisan miniatur, beberapa di antaranya adalah mahakarya paling megah dari seni buku Persia.

 

Pada tahun 1969, Jill Norgren dan Edward Davis menghasilkan indeks Awal ilustrasi Shah-nameh, di bawah pengawasan Oleg Grabar. Daftar ini – tetapi tidak mengilustrasikan – hampir 5.000 lukisan; jumlah sebenarnya lebih dekat empat kali angka ini. Kumpulan gambar yang begitu besar berada di luar kemampuan masing-masing sarjana untuk dipelajari dan dimanipulasi dengan cara tradisional; disinilah internet dapat memberikan kontribusi yang sangat besar. Proyek Shahnama bertujuan untuk membangun karya pendahuluan ini dan untuk memberikan kumpulan ilustrasi Shahnama, dengan rincian manuskrip dan konteks tekstual di mana mereka muncul. Sumber daya yang kuat ini membuka pintu ke bidang studi dan analisis komparatif yang hampir tak terbatas. Mengapa Shahnama terus menarik perhatian seperti itu, adegan mana yang dipilih oleh para seniman dan pelindung mereka, dan mana yang harus diabaikan? Apakah lukisan itu sesuai dengan teks dan meneranginya, atau menyajikan pesan yang berbeda? Bagaimana Syahnama diterima oleh generasi penulis dan seniman selanjutnya dan bagaimana hal itu mendorong produksi karya-karya terkait dan ilustrasi mereka?

 

Proyek ini dimulai dengan hibah penelitian besar selama lima tahun dari Arts and Humanities Research Board (AHRB) yang diberikan kepada Charles Melville di University of Cambridge, bekerja sama dengan Robert Hillenbrand di University of Edinburgh, untuk menghasilkan kumpulan lukisan elektronik di Naskah Syahnama. Pekerjaan dimulai pada bulan Oktober 1999 dan penelitian periode pertama selesai pada bulan September 2004, dengan peluncuran situs web Proyek Shahnama. Hibah Peningkatan Sumber Daya dari AHRC untuk pengembangan situs web berlangsung dari Maret 2006 hingga April 2009. Pendanaan sejak itu bersifat sporadis, tetapi untuk bantuan besar dari Bita Daryabari pada tahun 2013 yang telah memastikan keberlanjutannya di bawah naungan Pusat Shahnama di Perguruan Tinggi Pembroke. Enter

Posting Komentar

0 Komentar