Princeton Ethiopian, Eritrea, and Egyptian Miracles of Mary Project

Enter

 

Proyek kemanusiaan digital Princeton Ethiopian, Eritrean, and Egyptian Miracles of Mary (PEMM) adalah sumber yang komprehensif untuk 1.000+ kisah keajaiban tentang Perawan Maria di Ethiopia, Eritrea, dan Mesir, dan disimpan di Gəˁəz antara tahun 1300 dan sekarang.

 

Disutradarai oleh Prof. Wendy Laura Belcher, dikelola oleh Evgeniia Lambrinaki, dinasihati oleh dewan sarjana Afrika Timur, dikembangkan oleh Pusat Kemanusiaan Digital Princeton, dan disumbangkan oleh pembuat katalog Mehari Worku, Dawit Muluneh, Solomon Gebreyes, Vitagrazia Pisani, Jeremy Brown, dan banyak sukarelawan dan pelajar, PEMM diluncurkan pada Maret 2018, dengan menggunakan identifikasi kisah mukjizat yang dibuat oleh William F. Macomber pada tahun 1980-an dari teks kompilasi Ethiopia yang disebut Täˀammərä Maryam (Keajaiban Maria).

 

Proyek ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya bagi semua cendekiawan dan komunitas Gereja Ortodoks Ethiopia, memberikan akses digital kepada orang Etiopia ke warisan mereka, dan meningkatkan kesadaran umum tentang keindahan, keluasan, dan keragaman dari karya-karya vital sastra Afrika awal ini.

 

Menggambar manuskrip dari koleksi luar biasa Täˀammərä Maryam dalam Buku Langka dan Koleksi Khusus Princeton, PEMM mengumpulkan informasi tentang kisah-kisah ajaib ini untuk memungkinkan penelitian yang lebih baik tentang isinya di seluruh wilayah, bahasa, dan waktu.

 

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang proyek DH ini, Anda juga dapat berkonsultasi dengan: Belcher, Wendy Laura, Rebecca Sutton Koeser, Rebecca Munson, Gissoo Doroudian, dan Meredith Martin. Piagam Proyek CDH — Princeton Ethiopian Miracles of Mary 2019-20. Pusat Humaniora Digital di Princeton. 2019.

 

Sebuah artikel terbaru tentang kemajuan proyek muncul di situs CDH, seperti halnya artikel tentang keuntungan dan kerugian menggunakan Google Sheets sebagai basis data relasional yang ringan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Täˀammərä Maryam (Miracles of Mary), lihat video oleh mendiang Prof. Getatchew Haile tentang Perawan Maria dalam kehidupan dan teks Ethiopia.

 

Gambar-gambar di halaman ini berasal dari manuskrip Princeton Ethiopia no. 65. Gambar sisipan kecil adalah Uskup Hildefonsus yang menunjukkan kepada Maria buku mukjizat yang dia tulis (gambar 21) dan gambar latar belakang yang besar adalah dua juru tulis yang menyalin buku mukjizatnya (gambar 111).

Posting Komentar

0 Komentar