BASIRA Project: Book as Symbols in Renaissance Art


Proyek BASIRA, didirikan pada tahun 2014, mengeksplorasi interkoneksi sejarah buku dan seni visual selama periode sejarah Eropa yang disebut sebagai Renaisans. Dengan membangun basis data gambar ini, yang ditandai dengan metadata terstruktur, kami berharap dapat menyumbangkan sumber penelitian untuk studi sejarah seni, budaya material, sejarah agama, teknologi cetak, ikonografi, dan sejarah literasi.

 

¶ Meskipun buku ditampilkan secara mencolok dalam sebagian besar lukisan dan pahatan Eropa pada masa itu, kekhususan khusus dari buku itu sendiri sebagian besar telah diabaikan. Kami berharap basis data BASIRA akan mendorong analisis tren penggambaran seniman terhadap buku: cara buku dipegang, ditampilkan, dan dibaca, menggunakan variabel seperti wilayah, patron, komunitas kepercayaan, tradisi estetika, dan/atau akses ke teknologi.

 

¶ Selama transisi kami ke format Akses Terbuka, yang akan tersedia melalui browser web, skema telah diperluas dan disesuaikan dengan kosakata terkontrol yang tersedia. Seperti versi FileMaker sebelumnya, basis data menyertakan jumlah semua buku dalam sebuah gambar, dengan informasi mendetail untuk buku yang "terkemuka". Bidang data meliputi: penjilidan (gaya, ukuran, dan warna); pemegang buku (sifat dan postur); tindakan buku (terbuka, tertutup, sedang ditulis atau dibaca); artis; repositori.

Buku hitam dipegang dengan 2 TANGAN Matteo di Pacino, St. Cosmas dan St. Damian (detail), ca. 1370–1375, Museum Seni N.C

 

¶ Tim awal BASIRA terdiri dari sarjana independen, bekerja di bawah mandat dari Koalisi Nasional Cendekiawan Independen. Afiliasi dibentuk pada tahun 2018 dengan Schoenberg Institute of Manuscript Studies di University of Pennsylvania, yang akan menjadi tuan rumah dari database yang didesain ulang & diperluas. Berkat dukungan dari Samuel H. Kress Foundation dan University of Pennsylvania, tanggal peluncuran yang diproyeksikan untuk situs baru ini adalah akhir musim semi 2022.

 

¶ Kami terus mengumpulkan masukan dan panduan tentang cara data ini dicatat dan dihitung. Komentar pada skema sangat diharapkan, demikian pula referensi untuk karya seni yang menggambarkan buku yang harus disertakan dalam penelitian ini. Enter

Posting Komentar

0 Komentar