Afghanistan Digital Library


Warisan penerbitan Afghanistan jelas terancam punah. Publikasi paling awal yang muncul di Afghanistan sangat langka dan, dilihat dari ketidakhadirannya dari koleksi perpustakaan di seluruh dunia, sekarang dapat ditemukan hampir secara eksklusif dalam koleksi pribadi, di mana akses publik terbatas atau tidak ada. Dekade perang di Afghanistan semakin membubarkan dan menghancurkan kepemilikan buku di dalam negeri itu sendiri.

 

Tujuan langsung dari Perpustakaan Digital Afghanistan adalah untuk mengambil dan mengembalikan enam puluh tahun pertama dari warisan budaya yang diterbitkan Afghanistan. Proyek ini mengumpulkan, membuat katalog, mendigitalkan, dan menyediakan melalui Internet sebanyak mungkin publikasi Afganistan dari periode 1871–1930 yang dapat diidentifikasi dan ditemukan. Selain buku, ini pada akhirnya akan mencakup semua serial, dokumen, pamflet, dan manual yang diterbitkan. 

 

Fase 1 dari proyek ini, yang dilakukan pada tahun 2005, telah menarik bahan-bahan dari koleksi beberapa kolektor pribadi serta dari Perpustakaan Universitas New York dan Perpustakaan Inggris. Tahap 2, dilakukan pada tahun 2006, telah melatih staf di Arsip Nasional di Kabul dalam konservasi dan digitalisasi dan terlibat dalam katalogisasi dan digitalisasi bahan-bahan yang disimpan di berbagai koleksi publik dan pribadi di Afghanistan. Pada waktunya proyek berencana untuk melakukan penyebaran publikasi Afghanistan selama periode antara 1931 dan 1950. Menyediakan ketersediaan universal untuk rentang sejarah yang luas dari sejarah yang diterbitkan Afghanistan, dan dalam proses membangun bibliografi nasional untuk negara tersebut, Perpustakaan Digital Afghanistan akan merekonstruksi bagian penting dari warisan budaya Afghanistan.

 

Perpustakaan Digital Afghanistan adalah proyek Perpustakaan Universitas New York dengan dukungan National Endowment for the Humanities, The Reed Foundation, dan W.L.S. Yayasan Spencer. Enter

Posting Komentar

0 Komentar