2500 Years of Ketubot


Tujuan dari ketubah Yahudi adalah untuk menguraikan hak dan kewajiban mempelai pria, dalam hubungannya dengan mempelai wanita. Ketubah itu terdiri dari tiga bagian: pada pihak mempelai laki-laki, yang tujuan utama ketubah adalah jumlah uang yang wajib dia bayarkan, serta tambahan ketubah, jika dia memilih untuk menambah jumlah dasar. Di pihak istri, mahar dirinci. Selain itu, mahar juga mencakup syarat-syarat ketubah, yang dimaksudkan untuk menjamin hak-hak wanita selama perkawinan dan dalam hal batalnya perkawinan.

 

Ketubot tidak banyak berubah selama berabad-abad. Dokumen pernikahan yang ditemukan dalam papirus Aram dari zaman Artahsasta Raja Persia dari abad ke-5 SM, sangat mirip dengan dokumen ketubah dari era lain dan bahkan ketubot modern. Teks dalam tubuh ketubah, isi hukum utama, yang ditulis dalam bahasa Aram bahkan hingga hari ini – meskipun terkadang diterjemahkan ke dalam bahasa Ibrani atau Inggris – menunjukkan konsistensinya yang luar biasa selama 2500 tahun.

 

Secara alami, terlepas dari teks kuno yang tetap, adat istiadat setempat di berbagai komunitas berkembang: Di Afrika Utara dan Yaman, suami diwajibkan untuk tidak memaksa istri mereka pindah dari kota ke kota. Kadang-kadang, wanita itu wajib merawat anak-anak suaminya dari pernikahan sebelumnya seolah-olah mereka adalah anak-anaknya. Di Suriah dan Eretz Yisrael muncul kondisi yang melarang suami melakukan perjalanan jauh tanpa terlebih dahulu meninggalkan istrinya dengan perceraian bersyarat untuk melindunginya dari situasi di mana dia bisa menjadi "istri yang dirantai".

 

Selain adat-istiadat tersebut, ada beberapa kondisi yang tersebar luas di banyak ketubot yang berhubungan dengan pengaturan warisan dalam kasus di mana pasangan tidak memiliki anak, mengatur situasi di mana suami ingin mengambil istri lain (di tempat-tempat adat itu). umum), serta paragraf yang berkaitan dengan perkawinan levirat.

 

Perpustakaan Nasional Israel memiliki koleksi ketubot yang luas dan kaya yang memungkinkan untuk melihat ketubah secara luas, komprehensif dan mendalam sebagai dokumen Yahudi, ciptaan Yahudi dan sumber sejarah yang penting. Enter

Posting Komentar

0 Komentar