The Manuscripts of Biblioteca Nacional de Espana


Koleksi manuskrip Biblioteca Nacional adalah yang paling penting dari Spanyol dan seluruh wilayah Hispanik, sekitar 83.000 eksemplar, dikelompokkan dalam 23.500 nomor panggilan. Pendanaan awal dibentuk dari kepentingan koleksi, yang diikutinya, pada awal abad XVIII manuskrip, yang telah menemani Felipe V dari Prancis dan perpustakaan yang direbut para bangsawan dalam perang suksesi, khususnya perpustakaan milik Gaspar Ibáñez dari Segovia dan Peralta, marqués de Mondéjar (1708) dan Juan Francisco Pacheco Téllez Girón, duke consort de Uceda (1711). Dua pertukaran penting dengan biara Santo Tomás de Avila dan biara San Vicente de Plasencia serta perpustakaan cendekiawan nobiliarias memperkaya koleksi manuskrip dalam sejarah abad pertama ini.

 

Sepanjang abad ke-19 akan dimasukkan untuk membeli perpustakaan tertentu seperti Juan Nicolás Böhl dari Faber, Agustín Durán atau Serafín Estébanez Calderón. Keputusan penyitaan properti, bibliografi artistik dan film dokumenter gereja mengakibatkan masuknya ke berbagai museum, arsip dan perpustakaan negara, bagian penting dari properti tersebut. Dengan cara ini tiba di Biblioteca Nacional satu set manuskrip kuno seni besar dan codicológico. 

 

Jika ada tahun kunci dalam peningkatan koleksi manuskrip adalah 1886, mengakuisisi perpustakaan rumah bangsawan Osuna e Infantado, dengan yang memasuki perpustakaan Marqués de Santillana dan perpustakaan de los Condes de Benavente. Pembelian perpustakaan Pascual of Gayangos, tematik kronologis yang luas dan menjadi tonggak penting lainnya dalam koleksi, yang akan bergabung dengan sumbangan perpustakaan Luis Usoz dan River dan peran komposer Francisco Asenjo Barbieri.

 

Sumbangan lagu codex Mine Cid pada tahun 1960 akan menjadi bintang tanggal lainnya, memulai periode keragaman manuskrip yang memasuki koleksi, yang bertahan hingga hari ini. Dalam beberapa tahun terakhir, kedatangan epistolarios tokoh penting sastra kontemporer seperti Rafael Morales, Roberto Bolaño atau hispanista Mathilde Pomés telah menempatkan koleksi manuskrip BNE sebagai tempat yang menonjol dalam warisan bibliografi kami. Selengkapnya

Posting Komentar

0 Komentar