Buku Pantun: Manuskrip Asia di Museum National Arkeologi, Lisbon


Oleh: Edwin P. Wieringa

Beberapa tahun yang lalu, sebuah manuskrip berjudul Panton Malaijoe dan Portugees, diduga berasal dari Batavia (sekarang Jakarta) yang diproduksi antara akhir abad ke-17 dan awal abad ke-18 ditemukan kembali dalam koleksi arsip di Museum Nasional Lisbon. Selama lebih dari sembilan puluh tahun, diperkirakan telah hilang tetapi ternyata terletak di dalam kotak bersama dengan manuskrip lainnya, ditemukan lagi dalam koleksi ahli bahasa Portugis José Leite de Vasconcelos (1858–1941), telah diberi nomor rak COD.101 dari arsip yang terakhir. 

 

Pemilik pertama yang diketahui adalah Orientalis Jerman Ernst Reinhold Rost (1822–1896). Terkadang kepala pustakawan di Perpustakaan Kantor India, London, yang sekitar tahun 1865 membeli manuskrip tersebut dari penjual buku di London. Manuskrip tersebut dipinjamkan dan kemudian diserahkan kepada Hugo Schuchardt (1842–1927), seorang Romanis Jerman dengan minat khusus pada kontak bahasa dan pencampuran bahasa, yang menggunakan manuskrip ini dalam publikasinya tentang kreol Melayu-Portugis. Pada gilirannya, Leite de Vasconcelos menerima dokumen tersebut pada tahun 1927, yang diwariskan kepadanya atas wasiat Schuchardt.

 

Edisi ini adalah buku bilingual dalam bahasa Portugis dan Inggris. Tim redaksi, yang telah mempresentasikan edisi teks dari manuskrip yang luar biasa ini, telah melakukan pekerjaan yang patut dicontoh, memberi kita pandangan sekilas tentang kehidupan budaya dari kelompok yang sangat spesifik dari orang bilingual campuran Asia di Batavia, yang dikenal sebagai Mardijkers. Naskah disajikan dalam faksimili, sedangkan teks tulisan tangan (dalam aksara Latin) diuraikan dalam edisi diplomatik, dengan mudah dicetak di pinggir (hlm. 162–243). Naskah berisi 376 kuatrain, disusun dalam 11 urutan. Sebagian besar rentetan dalam kreol Melayu-Portugis disebut Cantiga atau Song, sedangkan yang dalam bahasa Melayu diberi nama panton atau panton (Pantun Melayu Standar). Menariknya, seperti yang dijelaskan oleh Gijs Koster (hal. 139), Panton Dari Sitie Lela maijan (urutan J, fol. 30r–32v; 29 syair) menyajikan cerita yang dikenal dari Syair Sinyor Kosta/Kista (alias Syair Silambari dan Syair Sinyor Gilang): pada awalnya masih sangat mirip dengan versi syair, tetapi kemudian berubah menjadi arah yang sangat berbeda. Ini bukan bahan bacaan yang mudah bagi publik abad ke-21, sehingga perangkat ilmiah yang menangani berbagai aspek manuskrip, bersama dengan terjemahan Bahasa Melayu Mardijker ke dalam Bahasa Melayu/Indonesia Standar Modern, sangat membantu. Menampilkan perhatian yang cermat terhadap detail, kelompok spesialis luar biasa ini telah menyediakan sumber daya kelas satu bagi siapa saja yang ingin mempelajari sumber utama yang langka ini.

 

Namun demikian, cukup banyak teka-teki untuk filolog tetap ada. Misalnya, di awal Pantun Malaijo Panhiboeran hati Doeka dan Piloô, kata hoedana (muncul dua kali di akhir baris) dijelaskan sebagai “kemungkinan kesalahan untuk bahasa Melayu Standar udara 'langit'” (hal. 326), yang meskipun masuk akal, sayangnya (dalam kedua kasus) tidak cocok dengan kata bersajak sana. Kamus sajak online paling berguna RimaKata.com membantu saya menemukan gegana (dari bahasa Sansekerta gagana 'suasana, langit, cakrawala, udara'), yang merupakan sinonim sastra (sama-sama bersuku kata tiga) dari kata biasa udara.

 

Garis yang diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu Standar menjadi Pintu gerbang berlarang-lurung (digunakan dua kali) diterjemahkan menjadi “gerbang utama berlangkan” (hlm. 261), berdasarkan penafsiran lurung sebagai pinjaman dari buku besar dlurung Jawa, gelagar[?]'” (hlm. 260), namun menurut saya, ini bisa menjadi contoh deformasi puisi berlarang-larang, dengan unsur lurung menggunakan metri causa sebagai pencocokan kata bersajak (dalam kedua kasus) untuk burung. Idenya sepertinya gerbang utama “tidak mengizinkan [masuk],” jadi (tegas) ditutup.

 

Jika seseorang ingin memilih-milih, satu-satunya hal yang hilang adalah indeks dan daftar kata-kata bermasalah untuk lebih memudahkan akses. Namun, edisi yang luar biasa ini, yang menghilangkan sebanyak mungkin kesulitan, memungkinkan beragam bentuk analisis dari berbagai disiplin ilmu, dan sangat direkomendasikan terutama untuk ahli bahasa, ahli sastra, dan sejarawan.

 

 

Sumber: Ivo Castro, Hugo C. Cardoso, Alan Baxter, Alexander Adelaar, dan Gijs Koster (eds), Livro de Pantuns, Um Manuscrito Asiatico do Museo Nacional de Arqueologia, Lisboa; Buku Pantun, An Asian Manuscript of National Museum of Archaeology, Lisbon , 2022, Lisboa: Imprensa Nacional, 2022, 350 hlm., ISBN: 9789722729079, harga: EUR 35.00 (paperback).

Posting Komentar

0 Komentar