Membangun Buku dari Dunia Kuno Hingga Hari Ini


Grolier Club mempersembahkan pameran khusus yang merinci bagaimana buku telah diproduksi sepanjang sejarah dan di berbagai wilayah di dunia. Diselenggarakan oleh Sekolah Buku Langka dan diambil dari koleksi unik Sekolah, Membangun Buku dari Dunia Kuno hingga Hari Ini: Lima Dekade Sekolah Buku Langka & Pers Seni Buku akan dipamerkan di galeri lantai dasar Klub Grolier mulai 28 September hingga 23 Desember 2022. Pameran ini merayakan institut internasional—didirikan oleh MacArthur Fellow Terry Belanger dan saat ini disutradarai oleh Michael F. Suarez, S.J.—yang menyatukan kurator, pustakawan, sejarawan buku, konservator, dan kolektor dari seluruh dunia untuk mengajar dan belajar tentang buku sebagai objek fisik.

 

Dikuratori oleh Barbara Heritage (Associate Director & Curator of Collections, RBS) dan Ruth-Ellen St. Onge (Associate Curator & Special Collections Pustakawan, RBS), Building the Book menampilkan lebih dari 200 item yang menggambarkan perubahan bentuk buku lebih dari dari dua milenium. Pameran ini mendalami materi, teknologi pencetakan, penyelesaian dekoratif, dan penandaan yang membuat buku, seperti substrat (atau permukaan) yang memberikan bentuk fisik pada buku, mulai dari tablet paku kuno dan papirus hingga layar komposit e -pembaca hari ini; untuk jenis pencetakan, pelat, dan balok kayu; dan penjilidan buku yang menyatakan identitas buku kepada dunia.

 

“Kita semua telah diajari cara membaca buku, tetapi apakah kita telah belajar cara melihatnya dari dekat? Apa yang dapat diperoleh dari menganalisis spesimen asli papirus kuno, atau dengan mempelajari gosokan buku Cina yang diukir di atas batu, atau dengan merasakan bobot sepotong beech yang pernah digunakan dalam penjilidan buku abad pertengahan Eropa?,” kata co-kurator Barbara Warisan.

 

“Semakin kita belajar untuk melihat buku sebagai objek, semakin kita memahami bagaimana bentuk materialnya tidak hanya ekspresif dari pembuatannya, tetapi juga dari berbagai komunitas dan jaringan sosial dari mana mereka muncul — apakah pertanian Mesir kuno, awal biara Tibet modern, gedung sekolah padang rumput abad kesembilan belas, atau rumah Kanada pergantian milenium dengan komputer desktopnya sendiri,” kata rekan kurator Ruth-Ellen St. Onge.

 

Publikasi & Program Publik

Membangun Buku dari Dunia Kuno hingga Hari Ini: Bagaimana Naskah, Cetakan, dan Teks Digital Dibuat. Diilustrasikan dari Koleksi Pengajaran Sekolah Buku Langka di Universitas Virginia. Diterbitkan oleh The Legacy Press dan didistribusikan oleh University of Virginia Press, buku ini akan tersedia pada akhir Oktober 2022.

 

The Grolier Club akan menyelenggarakan program publik tatap muka terkait, termasuk 1) tur pameran makan siang yang dipimpin oleh ko-kurator Barbara Heritage dan Ruth-Ellen St. Onge, pada Rabu, 28 September 2022, dan Jumat, 14 Oktober 2022, keduanya 1– jam 2 siang EDT; 2) Tur buku-buku Asia di pameran oleh anggota fakultas RBS Soren Edgren, bersama dengan demonstrasi kaligrafi Cina oleh Weiguo Yu, pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022, 2–3 dan 3–4 sore. EDT; 3) Simposium “Membangun Buku” pada hari Jumat, 4 November 2022, pukul 09.00 – 17.00 EDT (pembicara dan rincian lebih lanjut akan diumumkan); dan 4) Tur pameran virtual, dilanjutkan dengan tanya jawab dengan Barbara Heritage dan Ruth-Ellen St. Onge, pada Rabu, 7 Desember 2022, pukul 6–19:30. EDT. Registrasi

 

Pameran terbuka untuk umum secara gratis. Harap dicatat: masker wajah saat ini tidak diperlukan, tetapi sangat dianjurkan. Pendaftaran


Posting Komentar

0 Komentar