5 Bidang Proyek Penelitian Humaniora Universitas Leiden

 


Fakultas Humaniora Universitas Leiden mengundang aplikasi untuk lima posisi penelitian pasca-doktoral penuh waktu, dua tahun di Fakultas Humaniora. Program akan dimulai selambat-lambatnya 1 Desember 2022. Posisi dibagi berdasarkan tema dari Rencana Strategis Fakultas: satu posisi untuk Humaniora Lingkungan, dua posisi untuk Metodologi Kemanusiaan, dan dua posisi yang terkait dengan Institut Belanda di Maroko, sebagaimana ditentukan di bawah ini.

 

Proyek-proyek

Kelima posisi tersebut telah dibagi ke dalam lima bidang penelitian yang berbeda sejalan dengan rencana strategis universitas. Dalam area ini, Anda diundang untuk mengusulkan proyek penelitian konkret Anda sendiri. Proyek-proyek tersebut telah dibagi menjadi lima Institut Fakultas Ilmu Budaya dan NIMAR, paling sering dalam penunjukan yang menjangkau lebih dari satu institut.

 

Proyek 1: Humaniora Lingkungan (Sejarah / LIAS)

Institute for History dan Institute for Area Studies sedang mencari proyek dalam bidang Humaniora Lingkungan yang berkembang pesat. Kami menyambut baik proposal tentang segala aspek iklim dan lingkungan dengan dimensi sejarah yang jelas dan fokus nyata di Timur Tengah atau Asia.

 

Proyek 2: Memindahkan Orang, Memindahkan Hal: Kisah Migran antara Maroko dan Belanda (NIMAR / LUCAS / ASCL)

Institut Belanda di Maroko, bekerja sama dengan Pusat Seni Masyarakat Universitas Leiden dan Pusat Studi Afrika Leiden, mencari peneliti pascadoktoral yang akan mengeksplorasi kemungkinan koneksi dan pertukaran antara Belanda dan Maroko, dengan fokus pada bagaimana warisan migran antara kedua negara dapat dipahami melalui pergerakan artefak budaya, seperti benda sehari-hari, permainan, seni, sastra, dan media, sebagai pembawa material dan penggerak warisan kontemporer. Kami mencari kolega yang akan menerapkan pendekatan metode campuran, termasuk etnografi dan kreasi bersama dengan warga (misalnya, melalui permainan) dan yang akan meneliti bagaimana jejak material budaya Maroko dapat diraba dan produktif dalam budaya urban Belanda, dan sebaliknya . Penting bahwa migran Maroko di Belanda akan terlibat sebagai peserta aktif dalam proyek, dan akan diundang untuk menyumbangkan artefak, cerita, dan narasi mereka sendiri.

 

Proyek 3: Mengembangkan Sekolah Lapangan Mahasiswa Pascasarjana di Maroko (NIMAR / Fakultas Ilmu Budaya / ASCL)

Institut Belanda di Maroko, bekerja sama dengan semua institut dari Fakultas Ilmu Budaya dan Pusat Studi Afrika Leiden, bermaksud untuk mengembangkan sekolah lapangan yang ditujukan untuk mahasiswa MA dan doktoral di Maroko yang secara eksplisit akan berfokus pada pembelajaran sejawat siswa dari berbagai disiplin ilmu, seperti linguistik, studi Afrika, studi Timur Tengah, sejarah, arkeologi, antropologi, studi museum dan warisan, biologi, dll. Siswa dari Belanda akan bekerja sama dengan siswa Maroko di situs dan tema tertentu, di mana mereka akan membawa berbagai kompetensi, keterampilan, dan disiplin. Kami menyambut proposal tentang salah satu dari dua tema berikut: 1) kota pelabuhan di pantai Atlantik Maroko, di mana kami dapat menemukan jejak warisan bersama Maroko Belanda, dan yang saat ini menikmati investasi pemerintah yang cukup besar; atau 2) pengelolaan sumber daya alam, debat sosial baru, dan tujuan pembangunan berkelanjutan.

 

Proyek 4: Metodologi dalam Humaniora: Humaniora Terbuka di Dunia Digital (LUCAS / LUCL / Filsafat)

Humaniora memiliki peran kunci, tetapi kurang dimanfaatkan, untuk dimainkan dalam perkembangan teknologi yang bergerak cepat. Untuk ini kita perlu berinovasi metodologi yang ada serta menciptakan yang baru yang menggabungkan seruan yang meningkat untuk keterbukaan, wawasan yang dapat ditindaklanjuti, dan teknologi digital baru dengan kerangka kerja yang kompleks, kontekstual, dan historis yang menjadi ciri sebagian besar Humaniora. Untuk proyek ini, kami mencari rekan yang akan merancang cara untuk menciptakan sinergi antara prinsip-prinsip data yang diadopsi secara luas (FAIR: Findable, Accessible, Interoperable, and Reusable) dan tujuan penelitian (SMART: Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time). -bound) dan data kontekstual dan tidak mudah diukur yang merupakan karakteristik dari bagian-bagian Humaniora.

 

Proyek 5: Metodologi dalam Humaniora: Kecerdasan Buatan Komunikatif Inklusif dan Adaptif (LUCL / LUCAS / Filsafat)

Sistem dialog berbasis AI saat ini sebagian besar tidak memadai untuk menangani perbedaan dalam literasi, keterampilan digital, usia, dan gender. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa adaptasi dalam gaya dan register linguistik sangat penting bagi manusia untuk menerima penyediaan informasi berbasis AI. Sistem seperti itu akan berkontribusi pada penyediaan informasi yang inklusif. Untuk proyek ini, kami mencari seorang peneliti yang akan fokus pada penanda sosiolinguistik yang harus mendorong sistem dialog berbasis AI untuk menyesuaikan diri secara linguistik dan paralinguistik (misalnya, melalui sentimen, atau gaya) dengan manusia yang berkomunikasi dengannya.

 

Proses

Anda hanya dapat mengirimkan proposal untuk salah satu dari lima tema. Harap pastikan bahwa Anda telah menyebutkan nomor dan nama proyek yang benar sebelum mengirimkan aplikasi Anda. Dalam evaluasi putaran pertama, semua proyek akan dinilai oleh satu komite yang terdiri dari perwakilan dari semua institut Fakultas dan NIMAR. Proposal yang dipilih kemudian akan dievaluasi oleh panel ahli individu. Wawancara adalah bagian dari proses aplikasi. Selengkapnya

Posting Komentar

0 Komentar