Martin Schreiner (1863-1926): Antara Studi Islam dan Sains Yudaisme bersama Prof. Dr. Sabine Schmidtke (Princeton, New Jersey)


Pada tanggal 30 Agustus 1906, ketika meminta pustakawan dari Lehranstalt für die Wissenschaft des Judentums di Berlin untuk mengirimkan beberapa buku kepadanya, Martin Schreiner, yang telah didiagnosis dengan penyakit mental pada bulan April 1902, pada usia 39, dan sedang menulis dari Sanatorium Berolinum di Berlin Lankwitz tempat dia dirawat di rumah sakit, mengungkapkan harapan untuk segera dibebaskan. Surat itu adalah kesaksian tertulis terakhir Schreiner. Gangguan mentalnya berakhir dengan menyakitkan dan tiba-tiba bagi orang kaya, meskipun singkat, karir seorang sarjana yang produktif dan serbaguna, dan salah satu perwakilan terpenting dari sains Yudaisme yang pada saat yang sama terlibat dalam studi Islam. Pembicaraan tersebut menguraikan lintasan intelektual Schreiner dari masanya sebagai mahasiswa di Budapest hingga masa aktifnya di Berlin, Desember 1893 hingga 1902, ketika kepemilikan manuskrip yang kaya dari Königliche Bibliothek membuka pemandangan yang sama sekali baru baginya.

 

Sabine Schmidtke adalah Profesor Sejarah Intelektual Islam di Institute for Advanced Study, Princeton NJ. Minat penelitiannya meliputi Shisme (Zaydisme dan Dua Belas Shisme), persimpangan sejarah intelektual Yahudi dan Muslim, Alkitab Arab, sejarah Orientalisme dan Ilmu Yudaisme, dan sejarah buku dan perpustakaan di dunia Islam. Publikasi terbarunya termasuk Beasiswa Tradisional Yaman di tengah Gejolak Politik dan Perang: Muḥammad b. Muhammad b. Ismail b. al-Muṭahhar al-Manṣūr (1915-2016) and His Personal Library (Cordoba 2018), Muslim Perceptions and Receptions of the Bible: Texts and Studies (Atlanta 2019, with Camilla Adang), Oxford Handbook of Islamic Philosophy (New York 2017, dengan Khaled El-Rouayheb), dan Pemikiran Imāmī dalam Transisi: Penyelidikan Arkeologi tentang Teks dan Transmisinya (Cordoba: UCO; dengan Hassan Ansari; volume satu sedang dicetak).

Posting Komentar

0 Komentar