Manuskrip Dunia Melayu: Medium dan Metode dalam Mendesentrasikan Narasi Dominan


Workshop ini diselenggarakan bersama dengan Department of Malay Studies, National University of Singapore; didanai oleh Hibah Tingkat 1 Dana Penelitian Akademik Kementerian Pendidikan (MOE).

 

Lokakarya yang diusulkan ini akan diselenggarakan secara fisik di Singapura (tergantung pada kondisi perjalanan pada saat periode lokakarya). Penelitian yang terkait dengan lokakarya ini didanai oleh hibah Tier 1 Dana Penelitian Akademik MOE. Ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode, pendekatan, dan perspektif yang berbeda untuk mempelajari media penting – manuskrip Dunia Melayu. Lokakarya ini berupaya memajukan kajian manuskrip Melayu sebagai sumber epistemik baru bagi redefinisi kehidupan sosial, ekologis dan kosmologis dalam bidang historiografi dan sosiologi pengetahuan, serta menghidupkan kembali relevansi Kajian Wilayah pada masa kini, di mana negara-sentrisme dan batas-batas negara-bangsa sedang diperebutkan.

 

Naskah umumnya didefinisikan sebagai tulisan tangan dan hiasan tangan. Mereka mungkin karya komposisi asli, diterjemahkan dari bahasa lain, disalin dari sumber lain, disalin kembali, dan ditambahkan oleh seorang penulis atau banyak penulis dari waktu ke waktu. Namun, dengan munculnya teknologi baru, manuskrip tulisan tangan ini dibuat dengan litograf, dicetak, dan sekarang didigitalkan. Apa signifikansi perkembangan ini bagi studi manuskrip? Bagaimana kita mendefinisikan "naskah" dan apa pendekatan baru untuk mempelajari, mengumpulkan dan menggunakan naskah? Memang, ini harus dipermasalahkan.

 

Naskah-naskah yang ditulis dalam bahasa Melayu sebelum masa kolonial, bahkan dengan penambahan-penambahan di kemudian hari, merupakan korpus yang signifikan dari produksi dan representasi pengetahuan lokal. Namun, alih-alih melihat manuskrip sebagai gudang 'pribumi' otentik, kami mengusulkan untuk menginterogasi manuskrip sebagai media dan metode untuk 'menentukan narasi dominan'. Hal ini dapat diinterpretasikan sebagai sebuah proyek untuk mendesentralisasikan narasi epistemik yang telah memusatkan pengaruh penting imperialisme, kolonialisme dan nasionalisme (terutama yang digerakkan oleh Eropa) sebagai titik 'dominan tunggal' dalam historisisasi 'Asia' versus yang lain, atau dunia Melayu, dibandingkan dengan yang lain. Akankah pemeriksaan teks naskah Melayu ini mengungkap paradigma alternatif yang memberikan perspektif longue durée dari proses sosial? Mungkinkah ini mengakibatkan kolonialitas dan pengaruhnya didorong dari posisi dominan dan terpusatnya ke kerangka waktu yang lebih berlapis-lapis, saling berhubungan, dan bersirkulasi di mana paradigma jamak 'lain' dengan kategori bermakna baru, imajiner baru, dan metodologi baru akan ditemukan? Metode antar-referensi dan penggandaan kerangka acuan tanpa menempatkan Eropa dan penjajahan di tengah memungkinkan banyak agen lain untuk diakui sebagai titik acuan yang signifikan dan saling berhubungan. Dunia Melayu sebelum kolonialisme tidak bersifat parokial atau 'lokal' tetapi sudah terhubung dengan pusat-pusat kekuasaan lain seperti di Cina, India, Timur Tengah dan Eurasia sebelum kebangkitan Eropa.

 

Naskah Melayu telah lama dan banyak dipelajari sebelum ini, dalam bidang sastra, sejarah, linguistik, filologi, dan studi budaya. Lokakarya ini mengusulkan untuk menyelidiki pendekatan baru dan inovatif untuk mempelajari manuskrip-manuskrip ini di mana mereka akan mengangkangi media dan metode dan sebagai situs multi makna. Tekstualisme sebagai alat untuk membaca dan membaca kembali naskah-naskah, intertekstualitas, atau proses pembacaan dekonstruktif, di mana teks dan tekstualitasnya dapat dibaca sebagai persinggungan berbagai proses sosial, dan hubungan di dalam Nusantara dan sekitarnya.

 

Teks dan konteks atau “historisisme baru” adalah metode lain untuk menetapkan historisitas teks dan tekstualitas sejarah dengan melakukan triangulasi atau menguatkan manuskrip dengan sumber kontemporer lainnya untuk merekonstruksi masyarakat dari mana manuskrip dianggap telah diproduksi. Naskah juga dapat dianggap sebagai 'benda sosial' dengan narasi biografi mobilitas dan sirkulasi. Naskah kuno adalah artefak material, dengan sejarah 'perjalanan' dan 'utilitas' dan 'fungsi'. Metode penelusuran ini akan menggabungkan studi historis dan etnografis tentang bagaimana manuskrip dan maknanya telah digunakan dalam wacana politik dan budaya kontemporer. Lokakarya ini mengundang studi semacam itu dengan harapan dapat membentuk forum untuk mengeksplorasi pendekatan baru untuk memfasilitasi lebih banyak kolaborasi antar-disiplin dan memulai dialog baru antara para ahli dari berbagai bidang dan wilayah studi geografis.

 

Pembacaan tematik akan membantu peserta lokakarya untuk fokus pada genre manuskrip tertentu seperti kitab-sejarah (sejarah-religius), hikayat (cerita), syair (puisi naratif), silsilah (silsilah) sejarah istana dan surat-surat. Tema-tema berikut dapat diperiksa: 1) Pembentukan Negara 2) Hubungan Gender 3) Konsepsi Kekuasaan dan Ketimpangan 4) Diplomasi dan Keterlibatan Antarbudaya 5) Pesona dan Keajaiban 6) Kisah Asal dan Pendiri dan 7) Ekonomi Politik.

 

Hasil lokakarya adalah identifikasi hubungan global baru dan pinjaman lintas budaya di mana sirkulasi, konektivitas, interaktivitas, dan saling ketergantungan produksi pengetahuan adalah kuncinya. Memahami masa lalu melalui dekolonisasi silsilah akan memungkinkan pemahaman yang lebih lengkap tentang bagaimana lintasan masa depan pada isu-isu kekuasaan, ketidaksetaraan dan konflik dapat diproyeksikan.

 

Lokakarya ini menyambut makalah-makalah berbasis empiris yang mengeksplorasi pendekatan, perspektif baru tentang berbagai tema dan bidang yang ditemukan dalam naskah Melayu melalui inovasi teoretis dan/atau metodologis.

 

Referensi Umum yang Berguna

1. Capan, Zeynep Gulshah, “Beyond Visible Entanglements: Connected Histories of the International”, International Studies Review (2020) 22, 289–306

2. Douki, Caroline dan Minard Philippe, “Sejarah Global, Sejarah Terhubung: Pergeseran Skala Historiografi?” Revue d'histoire moderne et contemporaine Volume 54-4, Edisi 5, 2007, 7-21

3. Duara, Prasenjit, “Asia Redux: Conceptualizing a Region for Our Times”, The Journal of Asian Studies, November 2010, Vol. 69, No. 4 (2010), hlm. 963-983

4. Shih, Shu-Mei, "Studi Dunia dan Perbandingan Relasional", PMLA, 130.2 (2015): 430-438

5. Subrahmanyam, Sanjay, “Connected Histories: Notes to a Reconfiguration of Early Modern Eurasia”, Modern Asian Studies, Jul., 1997, Vol. 31, No. 3, Edisi Khusus: Konteks Eurasia dari Sejarah Modern Awal di Daratan Asia Tenggara, 1400-1800 (Jul., 1997), hlm. 735-762

 

 


Selengkapnya: National University of Singapore

Posting Komentar

0 Komentar