Dari Arsip Pribadi: Menggunakan Sumber Masyarakat untuk Menghubungkan Naskah Islam dengan Komunitas Lokal di Maroko

Kuliah bersama Dr. Sumayya Ahmed ini merupakan bagian dari Seri Kuliah Keadilan Sosial Asosiasi Pustakawan Timur Tengah (MELA) musim 2021-2022, "Neutral / اد / / tarafsız?: Heritage, Colonialism and Diversity in Middle East Libraries and Archives ." Untuk informasi lebih lanjut, dan untuk melihat rekaman kuliah dari musim lalu, lihat halaman kami di situs web MELA (https://bit.ly/MELASJSeries).

 

Para cendekiawan yang menggunakan bahan-bahan dari Afrika Utara sering tidak mempertimbangkan komunitas hidup yang menghasilkan bahan-bahan yang mereka pelajari. Cendekiawan Maroko berpendapat bahwa masih ada lebih banyak manuskrip Arab dan Amazigh (Berber) dalam koleksi pribadi daripada yang ditemukan di banyak perpustakaan dan arsip umum negara itu. Meskipun media barat dan sektor warisan budaya cenderung memberikan gambaran yang mengerikan tentang kondisi bahan arsip di Afrika Utara, sebenarnya ada orang yang merawat koleksi pribadi mereka dengan kemampuan terbaik mereka. Dalam pembicaraan ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana konsep arsip asal masyarakat dapat membantu kita mengembangkan pemahaman yang lebih lengkap tentang lanskap manuskrip di Maroko yang mungkin dapat diterapkan di tempat lain di wilayah tersebut.

 

Sumayya Ahmed baru-baru ini bergabung dengan fakultas Arsip di Sekolah Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Simmons setelah mengajar selama beberapa tahun di Program Studi Perpustakaan dan Informasi di kampus global University College London di Doha, Qatar.

 

Penelitiannya berfokus pada warisan dokumenter di Afrika Utara dan Timur Tengah, asal mula koleksi manuskrip sejarah, sejarah arsip di Afrika Utara dan Timur Tengah, dan politik pelestarian warisan budaya. Dia adalah co-editor volume De Gruyter 2016, Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Posting Komentar

0 Komentar