McGill Library Bibliotheque


Shahnameh oleh Ferdowsi merayakan 1000 tahun sejak didirikan. Sebagai pengakuan, Perpustakaan Kajian Islam memamerkan 16 spesimen dari koleksi Kajian Islam dan Buku Langka. Shahnameh tidak diragukan lagi telah menjadi salah satu karya sastra terkemuka yang merangkum luas dan dalamnya lintasan sejarah Iran. Pertama disusun oleh Ferdowsi untuk melestarikan warisan budaya, bahasa dan sejarah Iran, Shahnameh, yang berarti 'buku raja-raja,' merinci sejarah Iran sebelum invasi Arab pada abad ke-7.

 

Karya sastra ini, sebuah epik nasional yang disusun dalam 52.000 bait, menceritakan kisah pahlawan, penjahat, monster, dan menawarkan nasihat bijak tentang pelajaran moral dalam pemerintahan. Legendaris adalah kisah tentang raja dan pahlawannya yang terkenal, terutama Rustam yang begitu berani membela kerajaan Persia dalam banyak pertempuran spektakuler melawan Turanians yang bermusuhan dari Utara. Epik itu juga menghubungkan fitur-fitur penting dari kerajaan yang ideal. Ini menceritakan pertempuran antara Baik dan Jahat, dan merupakan pengingat konstan bahwa hidup hanyalah kenang-kenangan sementara.

 

Pameran ISL menawarkan pengunjung kesempatan untuk mengalami beberapa pahlawan dan penjahat dari puisi epik yang luar biasa ini. Dengan 16 lukisan mini yang dipajang, pameran ini menawarkan kepada pemirsa gambaran beragam tentang teks terkenal ini serta keindahan lukisan Persia.

Ferdowsi

Penyair Persia Hakīm Abu'l-Qāsim Firdowsī Tūs, atau hanya Ferdowsi diyakini telah lahir di Bazh, sebuah desa dekat Tūs di Iran modern ca. 329-30 H /940-41 M. Banyak hal tentang hidupnya tidak diketahui karena dokumentasi yang bertahan sangat jarang. Namun, kita tahu bahwa dia adalah seorang Muslim, mengenal bahasa Arab dan berasal dari bangsawan yang memiliki kekayaan mandiri dari pendapatan dari tanahnya. Kecintaannya pada Persia dan segala hal tentang Persia membujuknya untuk menulis puisi epik, Shahnameh yang berarti Kitab Raja-Raja.

 

Syahnameh

Syahnameh selesai pada tahun 400 H/1010 M. Ferdowsi membutuhkan waktu 35 tahun untuk menyusun mahakaryanya dan menyelesaikannya pada usia 81 tahun sesaat sebelum kematiannya. Puisi itu berisi 52.000 bait menjadikannya puisi terpanjang yang pernah ditulis. Itu ditulis dalam bahasa Persia dengan beberapa bahasa Arab, meskipun Ferdowsi berhati-hati untuk tidak memasukkan banyak bahasa Arab. Dengan melakukan itu, Ferdowsi mampu menghidupkan kembali bahasa Persia sebagai media budaya sehingga melestarikan bahasa tersebut bahkan setelah invasi Arab pada abad ke-7 dan kedatangan Islam, yang sampai sekarang merupakan agama asing bagi Persia. Puisi epik ini menekankan sejarah, budaya, bahasa, dan seni Persia (sastra). Shahnameh memiliki banyak kisah dan kisah etis yang akan dimanfaatkan oleh seniman dan pengrajin dalam ilustrasi untuk manuskrip, miniatur, dan potret.

 

Pameran

Barang-barang yang dipamerkan berasal dari koleksi McGill's Rare Books and Special Collections and Islamic Studies Libraries yang berlokasi di Gedung Perpustakaan McLennan, Lantai 4. Ada 16 ilustrasi Persia yang mewakili berbagai episode dalam kisah Shahnameh. Lukisan-lukisan itu sendiri berkisar dari abad ke-14 hingga abad ke-18. Mungkin barang yang paling mengesankan yang dipamerkan adalah Demotte Shahnameh (MS Persia 3) yang dilukis di Tabriz, di ca. 1350 menjadikannya salah satu manuskrip Shahnameh tertua yang diketahui di dunia. Ini dinamai dealer yang bertanggung jawab atas penyebarannya, dan McGill beruntung memiliki 2 lembar dari naskah ini. Spesimen yang tersisa bervariasi dari daun manuskrip individu hingga lukisan mini dan jilid pernis.

Posting Komentar

0 Komentar