Turkish Cultural Foundation: Manuscripts in Topkapi Museum


Buku-buku tulisan tangan yang tiba di Perbendaharaan Istana dari seluruh dunia ketika Kekaisaran Ottoman memerintah adalah salah satu barang paling berharga di Museum Istana Topkapi saat ini. Perpustakaan Museum Istana Topkapi berisi ribuan manuskrip seperti itu, di sebuah gedung bernama Yeni Kutuphane atau Perpustakaan Baru. Naskah yang diperoleh dengan pembelian dan sumbangan setelah konversi ke museum dimasukkan dalam daftar sebagai 'Manuskrip yang Baru Tiba'. Perpustakaan juga memiliki bagian spesimen kaligrafi oleh kaligrafi Turki. Alat-alat perdagangan kaligrafi juga dipamerkan di sini.

 

Ada sekitar 14.000 manuskrip di perpustakaan. Ada hampir 18.000 miniatur yang sebagian besar berada di Treasury Library, menunjukkan karakteristik berbagai aliran dan gaya, tersebar luas sebagai seni representasional Islam. Album dan buku-buku miniatur yang mewakili karya terbaik Arab, Seljuk, Mongol (Ilkhanid), Timurid, Uzbek, Karakoyunlu dan Akkoyunlu Turkmenistan, Safawi, Mamluk, dan kaligrafer istana Ottoman merupakan bagian paling berharga dari perpustakaan istana. Dengan miniatur di sekitar 600 album dan buku tentang sains, sejarah, agama dan sastra, Perpustakaan Museum Istana Topkapi memiliki salah satu koleksi terkaya di dunia. Koleksi istana manuskrip bercahaya yang diproduksi untuk melindungi seni terkemuka di seluruh dunia Islam melalui hadiah, perampasan, dan pembelian, semakin diperkaya oleh karya-karya yang dihasilkan oleh seniman istana, belum lagi semua sultan Ottoman yang mengabdikan diri pada seni. buku.

 

Diketahui bahwa ratusan seniman dipekerjakan oleh istana, masing-masing dengan gayanya sendiri, rahasia warna, dan pandangan tentang ruang dan perspektif, serta persaingan sengit di antara mereka. Sejarawan kontemporer juga menulis bahwa anggota dinasti dan pejabat tinggi istana membeli dan mengumpulkan karya miniatur untuk dipersembahkan kepada sultan sebagai hadiah dalam berbagai kesempatan. Sejarah kontemporer dan album prosesi pernikahan melaporkan bahwa para sultan menerima sejumlah besar buku langka terutama pada acara-acara perayaan seperti itu, pada hari libur dan saat mereka kembali dari kampanye militer. Sebagian besar karya manuskrip di perpustakaan istana diperoleh ketika barang-barang berharga diambil oleh istana setelah kematian vezir agung, menteri dan pejabat tinggi negara lainnya yang tidak meninggalkan ahli waris atau yang diberhentikan atau dieksekusi.

 

Sejauh catatan menunjukkan, tidak ada perpustakaan yang melayani Enderun, sekolah administrasi publik tertinggi saat itu, hingga periode Ahmed III. Dari waktu ke waktu, para sultan Utsmaniyah membawa buku-buku dari perbendaharaan istana ke Harem dan kamar-kamar rahasia Enderun untuk membentuk perpustakaan manuskrip yang diterangi, serta Quran yang ditulis oleh kaligrafer terkemuka dan karya-karya lain yang mereka minati, tetapi ketika mereka meninggal karya-karya tersebut dikembalikan ke kas istana. Ahmed III adalah sultan pertama yang mendirikan perpustakaan pertama dan menganugerahinya dengan buku-buku. Perpustakaan ini, konstruksinya ditugaskan untuk memungkinkan para kasim Enderun, untuk memanfaatkan buku-buku di perbendaharaan istana, dibuka pada tahun 1718. Kemudian, dengan perkembangan konsep kepustakawanan, buku-buku tertentu dari Perbendaharaan diwariskan. ke paviliun yang mengelilingi Kamar Penasihat Istana. Perpustakaan semacam itu didirikan di Paviliun Revan dan Baghdad pada masa pemerintahan Murad IV pada abad ke-18.

 

Selain karya-karya dalam bahasa Turki, Persia, dan Arab, perpustakaan istana juga memiliki manuskrip dalam bahasa Yunani, Latin, Armenia, Serbia, Ibrani, dan Asyur, beberapa di antaranya berisi miniatur. Buku-buku ini dipamerkan dari waktu ke waktu. Para sarjana dapat memperoleh janji untuk menggunakan perpustakaan yang tak ternilai ini dengan mengajukan aplikasi yang menjelaskan bidang pekerjaan mereka ke Direktorat Jenderal Museum dan Aset Budaya. Katalog lengkap, manuskrip Islam karya Fehmi Ethem Karatay dan karya non-Islam D. Adolf Deissman, juga tersedia. Enter

Posting Komentar

0 Komentar