Bayerische StaatsBibliothek (BSB) München



Koleksi oriental berjumlah 242.000 volume literatur berbahasa asli dan sekitar 7.000 manuskrip dalam bahasa Arab, Persia, Turki, Pashto, Ibrani, Yiddish, Ethiopia, Armenia, Koptik, Suriah, dan Persia Tengah (Zend) dan bahasa-bahasa Timur kuno. Ketersediaan ini telah dibangun secara sistematis selama berabad-abad sesuai dengen kriteria ilmiah yang mewakili sumber daya penting untuk penelitian dan pendidikan di tingkat nasional dan internasional.


Departemen Oriental dan Asia mengelola naskah Oriental secara teknis (perolehan, informasi subjek, tur berpemandu, pameran), sedangkan Departemen Naskah dan Buku Langka mengelola dan bertanggung jawab atas penggunaannya . Naskah Oriental dapat dikonsultasikan di Ruang Baca untuk Naskah dan Buku Langka.

 

Awal mula koleksi Oriental dimulai dari berdirinya Perpustakaan Pengadilan Munich – sekarang Bayerische Staatsbibliothek– oleh Duke Albrecht V pada tahun 1558. Akta pendirian Perpustakaan Pengadilan Munich adalah didirikan oleh pembelian perpustakaan pribadi diplomat berpendidikan tinggi dan poliglot dan Orientalis Johann Albrecht Widmanstetter (1506 – 1557), yang merupakan salah satu pelopor studi Oriental. 

 

Lebih dari 450 tahun yang lalu, sekitar 200 – jumlah yang cukup besar pada saat itu – manuskrip dalam bahasa Ibrani, Arab dan Suriah diperoleh oleh perpustakaan, di antaranya sejumlah Al-Quran dari Spanyol Islam dan dari Maroko, karya Ibrani yang sangat penting, dan karya cetak awal yang sangat langka. Koleksi Oriental telah diperluas pada tahun 1571 dengan bergabungnya perpustakaan Johann Jakob Fugger (1516 – 1575), salah satu kolektor buku paling produktif pada abad ke-16. Perpustakaan Fugger berisi banyak karya Oriental, khususnya karya Ibrani yang sangat penting. Enter

Posting Komentar

0 Komentar