Arabic Medical Manuscripts at Wellcome Library London

Koleksi manuskrip Arab Wellcome Library London terdiri dari sekitar 1000 buku manuskrip dan fragmen yang berkaitan dengan sejarah medis. Untuk pertama kalinya situs web ini memungkinkan sebagian besar koleksi ini untuk ditampilkan secara online melalui gambar digital berkualitas tinggi dari seluruh manuskrip dan metadata terkait.

 

Ini telah dimungkinkan oleh kemitraan perintis antara Bibliotheca Alexandria, Perpustakaan Wellcome, dan King's College London, dengan dana dari program studi Islam JISC. Naskah-naskah ini adalah bagian dari Koleksi Asia Perpustakaan Wellcome, yang terdiri dari sekitar 12.000 manuskrip dan 4.000 buku cetak dalam 43 bahasa yang berbeda. 

 

Kepemilikan Islam termasuk manuskrip Arab dan Persia dan buku-buku cetak, dan koleksi kecil manuskrip Ottoman dan buku-buku Turki. Inti dari koleksi ini berkaitan dengan warisan besar pengobatan klasik, dilestarikan, diperbesar dan dikomentari di seluruh dunia Islam, membentang dari Spanyol Selatan hingga Asia Selatan dan Tenggara.

 

Pengobatan Arab pernah menjadi yang paling maju di dunia dan sekarang seluruh faksimili digital dari beberapa teks terpentingnya telah tersedia secara online secara gratis. Sumber daya online yang unik, berdasarkan koleksi manuskrip Arab Wellcome Library, termasuk teks medis terkenal oleh praktisi terkenal seperti Avicenna, Ibn al-Quff, dan Ibn an-Nafis, karya yang kurang dikenal oleh dokter anonim dan salinan langka atau unik seperti komentar Averroes tentang puisi medis Avicenna.

 

Wellcome Arabic Manuscript Cataloging Partnership (WAMCP) menggabungkan upaya Perpustakaan Wellcome, Bibliotheca Alexandrina, dan Departemen Humaniora Digital King's College London dan didanai oleh JISC dan Wellcome Trust.

 

Semua manuskrip telah difoto secara keseluruhan, dan dapat dilihat secara detail di samping deskripsi manuskrip yang komprehensif. Alat katalog yang canggih dibangun berdasarkan standar definitif untuk mencapai deskripsi manuskrip yang kaya dan menyeluruh. Pengguna dapat menghubungkan antara bidang deskriptif tertentu dan gambar terkait dengan kemungkinan untuk membandingkan dua manuskrip secara berdampingan di layar untuk memperjelas perbedaan. Selain itu, bagian-bagian penting dalam manuskrip, seperti bagian awal, basmala, eksplisit dan judul bagian (untuk sebagian besar tetapi tidak semua manuskrip), ditranskripsikan sepenuhnya. Deskripsi fisik yang luas telah dicatat oleh spesialis konservasi untuk sebagian besar deskripsi manuskrip.

 

Peneliti dapat menelusuri isi katalog online secara lebih selektif, di mana manuskrip dapat dijelajahi menurut kategorinya atau dicari melalui fasilitas pencarian teks lengkap. Secara signifikan, sistem ini memungkinkan pengguna untuk mencari menggunakan abjad Arab kuno melalui keyboard virtual, yang cocok dengan konten asli manuskrip. Hasil manuskrip yang dicari dapat dipersempit lebih lanjut melalui filter segi, yang mengambil hasil yang lebih tepat untuk kenyamanan peneliti.

 

Kami masih menambahkan konten ke situs ini, memperbarui catatan dan menyediakan fungsionalitas lebih lanjut dari waktu ke waktu. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang apa yang tersedia, dan apa yang dapat Anda lakukan dengan situs ini, silakan hubungi kami. Enter

Posting Komentar

0 Komentar