Proses Peradilan Tiongkok Kuno: Manuskrip dalam Kubur


Sebuah manuskrip dari abad ke-2 SM memberikan wawasan tentang sisi gelap kehidupan di Tiongkok kuno. 22 kutipan dari file kasus dan teks didaktik sejarah yang berfokus pada pejabat peradilan tertentu menjelaskan berbagai kejahatan seperti pencurian, pemerasan, pengkhianatan, pencabulan, pembunuhan dan bagaimana pelanggaran ini diadili. Namun naskah tersebut menimbulkan banyak pertanyaan. Cukup banyak kasus yang dijelaskan akan cocok sebagai plot untuk sebuah film, dan terkadang pembaca mungkin bertanya pada dirinya sendiri: Apakah rekaman ini terkait dengan kasus hukum nyata, atau apakah itu hanya fiksi?

 

Hingga dekade terakhir abad sebelumnya, sistem hukum kekaisaran Tiongkok awal hanya dikenal secara terpisah. Namun, penggalian arkeologi yang dilakukan pada tahun 70-an dan 80-an mengungkapkan bukti baru yang spektakuler. Segera menjadi jelas bahwa sistem hukum kekaisaran Cina awal jauh lebih kompleks dan modern seperti yang diasumsikan sebelumnya. Meskipun membaca banyak peraturan hukum yang baru ditemukan hampir tidak lebih menarik daripada kode hukum modern untuk non-spesialis, sebuah manuskrip tertentu yang ditemukan di makam No. 247 di Zhangjiashan (provinsi Hubei) memberikan wawasan menarik tentang kasus hukum aktual dan kehidupan sehari-hari pada awalnya dari Dinasti Han (206 SM-220 M). Karena tidak ada teks paralel yang diketahui sejauh ini, manuskrip adalah objek penelitian yang benar-benar unik.

 

Naskah yang terdiri dari 228 slip bambu berisi kumpulan 22 petikan dari berkas kasus dan teks didaktik sejarah. Bersama dengan naskah matematika dan medis, naskah itu diletakkan di makam seorang pejabat kecil yang meninggal sekitar 186 SM dan oleh siapa manuskrip tersebut kemungkinan besar dimiliki. Meskipun tali pengikat yang pernah menyambungkan setidaknya 1.200 potongan bambu yang ditemukan di makam untuk membentuk beberapa gulungan naskah independen telah lama membusuk, posisi potongan bambu pada saat penggalian memungkinkan untuk menentukan slip mana yang pernah menjadi milik gulungan yang sama. Mengenai koleksi berjudul Zouyan shu (“Tulisan yang diserahkan kepada otoritas yang lebih tinggi untuk diambil keputusan”, jelas bahwa itu awalnya membentuk satu unit kodikologis.

 

Naskah tersebut dengan jelas menggambarkan up-to-date proses pidana di awal Dinasti Han: Setelah tuntutan pribadi atau ex officiodiajukan terhadap seseorang, pertama-tama terdakwa didengarkan dan catatan saksi dicatat. Jika terdakwa tidak mengaku melakukan kejahatan, ia harus menghadapi saksi yang menyimpang atau kata-kata dari ketentuan hukum yang relevan, sampai para pejabat pengadilan akhirnya dalam posisi untuk membuat keputusan yang beralasan. Sebagian besar teks yang termasuk dalam Zouyan shu tidak mencerminkan catatan kasus biasa sejauh mereka menggambarkan kasus-kasus tertentu di mana banding diajukan ke otoritas yang lebih tinggi (karena itu judul naskah). Ini memiliki alasan yang berbeda: Dalam banyak kasus pejabat meragukan hukuman yang tepat, karena tidak ada ketentuan hukum yang relevan atau ketentuan yang bertentangan. Keputusan yang diberikan oleh otoritas yang lebih tinggi sering dicatat juga. Dalam kasus lain, berkas kasus menyertakan permintaan eksplisit untuk promosi pejabat investigasi.

 

Meskipun Zouyan shu memungkinkan kita untuk menarik banyak kesimpulan berharga tentang sistem hukum kekaisaran Tiongkok awal, naskah tersebut pada saat yang sama menimbulkan pertanyaan baru. Satu pertanyaan penting adalah tentang keaslian kasus hukum yang dijelaskan. Jika misalnya seorang janda melakukan percabulan di samping peti mati suaminya yang baru saja meninggal, muncul pertanyaan apakah ini benar-benar gambaran dari kasus yang sebenarnya. Bukti lebih lanjut juga menunjukkan bahwa hal ini tidak selalu terjadi, setidaknya untuk beberapa dari 22 teks. Tiga dari teks ini sangat menyimpang dari jalannya proses pidana biasa dan dengan jelas menunjukkan ciri-ciri naratif. Selain itu, dua kasus merujuk pada tokoh sejarah terkenal dari periode yang sudah jauh di masa lalu ketika manuskrip itu ditulis. Dalam teks-teks didaktik ini, seorang hakim yang terkenal dan berbudi luhur meyakinkan seorang penguasa tentang kebenaran keputusannya dengan alasan yang meyakinkan yang seringkali melebihi ketaatan yang ketat pada ketentuan hukum. Dalam satu kasus, eksekusi dua juru masak dicegah. Mereka harus dihukum karena rambut telah ditemukan dalam daging panggang penguasa dan sehelai rumput di piring istrinya.

 

Koleksi yang cukup heterogen ini termasuk 'dokumen' yang sepertinya pernah dicatat untuk tujuan yang berbeda sekali (surat rekomendasi, banding diajukan ke otoritas yang lebih tinggi, teks didaktik sejarah, dll) mungkin merupakan kompilasi pribadi yang dibuat oleh pemilik makam di seumur hidupnya. Setidaknya itu tampaknya terkait dengan biografinya, karena kasus terbaru yang dijelaskan bertanggal tahun 196 SM, yang hanya dua tahun sebelum pemilik makam pensiun dari kantor "karena sakit" (fakta bahwa tercatat dalam kalender juga ditemukan di kuburan). Kompilasi fiksi, di satu sisi, dan teks yang mungkin otentik atau setidaknya berdasarkan file kasus otentik, di sisi lain, dalam satu dan naskah yang sama harus memiliki tujuan tertentu dan mungkin juga mencerminkan pendapat penyusunnya. sistem hukum yang berlaku pada saat itu. Karena masa hidup pemilik makam itu sendiri - dari akhir abad ketiga hingga awal abad kedua SM - dicirikan oleh berdirinya kekaisaran Tiongkok pertama dan reformasi yang terjadi kemudian serta perubahan sosial dan dengan demikian merupakan masa pergolakan, Zouyan shu mungkin juga berisi evaluasi perkembangan sejarah - dan juga peradilan ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang motif di balik penyusunan ini, diperlukan penelitian lebih lanjut. Namun demikian, penelitian semacam itu tidak hanya harus menganalisis naskah itu sendiri tetapi juga konteks di mana manuskrip itu ditemukan. Ini khususnya mencakup manuskrip lain yang - tentunya tidak sembarangan - dimasukkan ke dalam kuburan, dan lebih umum bahkan semua barang kuburan.










Sumber: Center for the Study of Manuscript Culture (CSMS)

Posting Komentar

0 Komentar