Manuskrip Pegon Berbahasa Eropa di Austrian National Library: Kekristenan Era Ottoman


Sekilas, manuskrip yang ditulis dengan huruf Arab ini tampak seperti sesuatu yang luar biasa. Ini berisi teks-teks religius Islam serta puitis dan mistis dalam bahasa Arab, Persia dan Turki, yang juga ditulis dalam aksara Arab hingga tahun 1920-an. Untuk memahami tentang sepertiga dari folio-folio tersebut, perintah dari tiga bahasa oriental utama ini tidak cukup. Meskipun sistem penulisan dan tulisan tangan tidak berubah, ditentukan bahwa berikut ini adalah bagian dalam bahasa Kroasia, Hongaria, Jerman, dan bahkan Latin. Setelah sedikit latihan seseorang dapat menguraikan kata-kata Jerman pertama "du solt nit andere getter neben mir haben"("Engkau tidak memiliki allah lain sebelum aku", lih. Gbr. 1). Bagaimana naskah ini yang secara lahiriah tampak koheren tetapi masih mengandung teks-teks yang sangat jelas berbeda, diproduksi dan untuk siapa naskah itu ditakdirkan?

 

Naskah itu kira-kira seukuran kartu pos dan disimpan di Perpustakaan Nasional Austria, terdiri dari 162 folio yang terbuat dari kertas Eropa. Mereka mungkin dipotong dan rebound setelah mereka menjadi milik "Eropa". Sepuluh folio terakhir, dan satu folio di antara dua bagian, kosong. Folio yang tersisa tercakup di kedua sisi dalam jenis aksara Arab yang dapat dibaca dengan baik yang digunakan secara luas di Kekaisaran Ottoman. Di awal manuskrip, di bawah ayat Turki yang dimaksudkan sebagai alamat bagi pembaca, ada catatan dalam aksara dan bahasa Latin juga. Catatan ini ditulis oleh Sebastian Tengnagel, pustakawan Perpustakaan Istana Kekaisaran di Wina dari tahun 1608 sampai kematiannya pada tahun 1636. Pada tahun 1920, Perpustakaan Pengadilan diubah namanya menjadi Perpustakaan Nasional Austria. Dengan demikian kita tahu bahwa pada paruh pertama abad ke-17 naskah tersebut sudah ada di lembaga yang sama seperti saat ini.

 

Naskah tidak berisi informasi eksplisit tentang tanggal dan tempat asalnya, juga tidak disebutkan siapa yang menyusun dan menulisnya. Tetapi beberapa petunjuk menunjuk pada dekade terakhir abad ke-16 sebagai waktu pembuatannya. Salah satu petunjuk penting adalah daftar Sultan Ottoman yang diakhiri dengan Murad III, yang memerintah dari tahun 1574 hingga 1595. Seseorang juga dapat memperoleh informasi tentang tanggal asal dari sebelas tanda air berbeda yang ditemukan dalam manuskrip. Namun, cukup sulit untuk mengidentifikasi watermark tersebut. 

 

Ketika manuskrip diproduksi, semua lembaran dilipat menjadi dua di sepanjang tepi yang panjang, dan kemudian lima dari lembaran ini ditaburkan bersama di sepanjang lipatan dan membentuk apa yang disebut quire. Sayangnya, tanda air justru terletak di lipatan, sehingga hanya fragmen kecil yang terlihat dari yang ada di lembar paling bawah quire. Hanya dua tanda air yang telah diidentifikasi sejauh ini. Keduanya digunakan di Wina sekitar tahun 1590. Akhirnya, kombinasi yang terisolasi dari tiga tanda yang memungkinkan pembacaan dan interpretasi yang berbeda dipertimbangkan untuk menentukan umur manuskrip. Tanda-tanda itu ditafsirkan sebagai tahun Islam 997, ditulis dalam bentuk sandi Arab Indo-Arab, yang sesuai dengan 1588/89 dari Masehi. Meskipun penafsiran ini sejalan dengan petunjuk lainnya, bentuk tanda-tandanya masih sangat luar biasa - mereka juga bisa dibaca sebagai "44" dalam bentuk sandi Arab Eropa-Arab atau sebagai "V" (huruf atau huruf Sandi Romawi).

 

Karena beberapa aspek dari contoh bahasa Eropa, yang terdiri dari bagian utama dari Sepuluh Perintah, Doa Bapa Kami, Pengakuan Iman Rasuli dan Nyanyian Lutheran, naskah tersebut kemungkinan besar berasal dari sejarah Hongaria. Beberapa ciri khas tulisan juga menunjukkan bahwa itu diproduksi di wilayah Eropa Kekaisaran Ottoman, yang pada abad ke-16 juga mencakup sebagian besar Hongaria. Teks-teks Jerman menunjukkan sebagian besar ciri-ciri dialek Bavaria Tengah, yang juga digunakan di Hongaria dan Slovakia. Karena segala sesuatu, sejauh mungkin, dituliskan seperti saat diucapkan, kita juga dapat menemukan dalam teks Latin varian yang khas dari bahasa Latin Hongaria. Lebih jauh lagi, nama-nama para rasul - mereka di antara pengikut Yesus yang ditugaskan untuk misi sendiri - muncul, jika tidak dalam bahasa Latin, dalam artikulasi Jerman atau Hongaria, seperti nama Hongaria "Janos" untuk "Yohanes". Dalam puisi Hungaria yang tidak diketahui dari sumber lain, dikatakan bahwa komposernya adalah Divín atau Devín (tergantung pada bacaannya). Keduanya berada di Slovakia saat ini. Tetapi kita tidak dapat memastikan bahwa pencipta puisi ini juga yang menulis seluruh naskahnya. Selain itu mungkin juga orang tersebut tidak berbicara semua bahasa yang terdapat di dalam manuskrip, tetapi hanya menulis beberapa di antaranya berdasarkan bacaan lisan orang lain. Pertanyaan-pertanyaan ini hanya dapat dijawab dengan menyelidiki lebih lanjut sampel bahasa dan membandingkan wilayah distribusi pada abad ke-16 dari berbagai varietas yang terkandung dalam manuskrip.

 

Masih banyak pertanyaan tentang asal-usul manuskrip yang belum terjawab, tetapi tidak diragukan lagi bahwa, meskipun sebagian isinya adalah Kristen, naskah itu diperuntukkan bagi pembaca Utsmaniyah dari agama Islam. Ini tidak hanya dibuktikan dengan penggunaan aksara Arab. Juga, semua paratext, yaitu pendahuluan dan transisi, komentar dan catatan yang tidak termasuk dalam teks yang direkam tetapi disematkan ke dalam manuskrip, ditulis dalam bahasa Turki. Saat disapa, pembaca diminta untuk melafalkan Surat pertama Al-Quran untuk jiwa juru tulisnya. Lebih lanjut, di bagian Syahadat yang mengatakan bahwa Yesus telah “menderita di bawah Pontius Pilatus”, dijelaskan kepada pembaca bahwa prefek Romawi Pontius Pilatus adalah seorang Padishah - gelar yang digunakan untuk penguasa Ottoman.










Sumber: Center for the Study of Manuscript Culture (CSMS)

Posting Komentar

0 Komentar