Hill Museum and Manuscript Library at Saint John's University, USA



vHMML.org menawarkan sumber daya dan alat untuk mempelajari manuskrip dan saat ini menampilkan budaya manuskrip dari Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Asia Selatan. Situs ini menampung gambar manuskrip beresolusi tinggi, banyak di antaranya didigitalkan sebagai bagian dari misi global HMML untuk melestarikan dan berbagi koleksi manuskrip penting, terancam punah, dan tidak dapat diakses melalui fotografi digital, pengarsipan, dan katalogisasi. Ini juga berisi deskripsi manuskrip dari koleksi mikrofilm warisan HMML, dengan scan dari beberapa film ini.

vHMML adalah inisiatif dari Hill Museum & Manuscript Library. Proyek ini dimulai sebagai kemitraan antara staf HMML dan pengembang dari Pusat Kemanusiaan Digital di Universitas Saint Louis (James Ginther, PI) dan Proyek Hukum Kanon Carolingian di Universitas Kentucky (Abigail Firey, PI), dengan dukungan awal dari Hibah Kepemimpinan Nasional 2012 oleh Institute of Museum and Library Services, dilengkapi dengan Arcadia Fund.

vHMML 1.0, dengan School, Lexicon, Reference, dan Folio, diluncurkan pada Oktober 2015. Tiga komponen pertama dikembangkan oleh Chad LaVigne dari Solution Design Group (sdg) di Golden Valley, Minnesota. Tim di University of Kentucky mengembangkan Folio menggunakan alat yang kaya dari Scriptorium, lingkungan digital yang mereka rancang untuk penelitian kolaboratif pada manuskrip.

vHMML 2.0 dengan Ruang Baca diluncurkan pada Agustus 2016. Bahkan sebelum peluncuran vHMML 1.0, tim HMML sedang mengerjakan Ruang Baca virtual yang akan menjadi inti dari vHMML 2.0. Tugas tersebut membutuhkan perubahan menyeluruh dari OLIVER, katalog manuskrip online HMML yang pertama kali dikembangkan pada akhir 1990-an. Pilihan Mirador, penampil gambar yang sesuai dengan IIIF, dan pembuatan skema metadata baru untuk menggantikan OLIVER, menempatkan Ruang Baca di garis depan perkembangan deskripsi manuskrip untuk lingkungan digital. Ruang Baca didanai oleh Henry Luce Foundation. Database katalog baru yang menggantikan OLIVER didanai oleh Andrew W. Mellon Foundation. Perbaikan vHMML 2.0 dirilis pada musim semi 2018 sebagai hasil awal dari Hibah Kemajuan Digital Humaniora dari National Endowment for the Humanities.

vHMML 3.0, pengerjaan ulang proyek secara lengkap dengan fitur berbagi data tambahan, diluncurkan dalam serangkaian rilis antara April dan September 2018. Desain baru dioptimalkan untuk navigasi yang lebih sederhana dan akses yang lebih mudah ke opsi pencarian. Konten di seluruh situs, termasuk metadata di Ruang Baca, kini dapat ditemukan di penelusuran web sebagai hasil dari Pengoptimalan Mesin Telusur. Portal Data baru dan situs vHMML DH terkait mewujudkan komitmen HMML untuk berbagi metadatanya dengan para peneliti dengan cara yang paling ramah pengguna.

Museum, komponen terbaru dari vHMML, dikembangkan pada tahun 2018 dengan bantuan dari donatur yang dermawan. Museum menyediakan akses ke koleksi seni dan foto HMML. Ini termasuk:

  • Koleksi cetakan dan benda seni Arca Artium disumbangkan ke Universitas Saint John pada tahun 1995 oleh Frank Kacmarcik, Obl. OSB, seorang seniman dan konsultan liturgi terkenal.
  • Foto-foto biara dan situs lainnya di Timur Tengah oleh Columba Stewart, OSB.
  • Koleksi Robert Hadley foto-foto situs arkeologi dan bersejarah di Timur Tengah, menampilkan banyak tempat di mana HMML telah mendigitalkan manuskrip.
  • Foto-foto bersejarah dari koleksi HMML sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar