From Anatolia to Aceh: Ottomans, Turks and Southeast Asia


Asia Tenggara telah lama dihubungkan oleh hubungan perdagangan, agama, dan politik ke dunia yang lebih luas melintasi Samudra Hindia, dan terutama ke Timur Tengah melalui Islam. Namun, hanya sedikit perhatian yang diberikan pada hubungan antara Muslim Asia Tenggara - meliputi negara-negara modern Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura dan bagian selatan Thailand dan Filipina - dan kekuatan Timur Tengah terbesar, kekaisaran Ottoman. 


Kontak politik langsung pertama terjadi pada abad ke-16, ketika catatan Ottoman mengkonfirmasi bahwa penembak dan pembuat senjata dikirim ke Aceh di Sumatra untuk membantu memerangi dominasi Portugis dalam perdagangan lada. Pada abad-abad berikutnya, penghubung utama melalui haji tahunan. Banyak peziarah Melayu dari Asia Tenggara menghabiskan waktu lama belajar di kota-kota suci Mekah dan Madinah, yang berada di bawah kendali Ottoman dari tahun 1517 hingga awal abad ke-20. Selama periode ekspansi kolonial Eropa pada abad ke-19, Melayu sekali lagi ke Istanbul untuk meminta bantuan. Sekarang tampaknya intervensi dari Asia Tenggara ini bahkan telah memainkan peran penting dalam pengembangan kebijakan Pan-Islamisme Utsmaniyah, memposisikan kaisar Utsmaniyah sebagai Khalifah dan pemimpin Muslim di seluruh dunia dan mempromosikan Muslim solidaritas. 

 

Makalah dalam volume ini merupakan upaya pertama untuk menyatukan penelitian tentang semua aspek hubungan antara dunia Ottoman dan Asia Tenggara - politik, ekonomi, agama dan intelektual - sebagian besar didasarkan pada dokumen yang baru ditemukan di arsip di Istanbul. Unduh dokumen.

Posting Komentar

0 Komentar