Digital Library of Islamic Manuscript at Princeton University, USA

 


Perpustakaan Universitas Princeton memiliki sekitar 9.500 manuskrip Islam, terutama kodeks kertas yang dijilid, berisi total lebih dari 20.000 teks. Naskah-naskah tersebut terletak di Divisi Manuskrip Departemen Buku Langka dan Koleksi Khusus, di Perpustakaan Harvey S. Firestone Memorial. Robert Garrett (Kelas Pangeran 1897) mengumpulkan sekitar dua pertiga dari manuskrip ini dan menyumbangkannya ke Perpustakaan pada tahun 1942.

Sejak itu, Perpustakaan terus memperoleh manuskrip dengan hadiah dan pembelian. Naskah-naskah tersebut sebagian besar berbahasa Arab tetapi juga mencakup bahasa Persia, Turki Utsmaniyah, dan bahasa-bahasa lain dari dunia Islam yang ditulis dalam aksara Arab. Mereka berasal dari abad-abad awal Islam hingga jatuhnya Kekaisaran Ottoman. Sebagian besar naskah berasal dari Arab, Mesir, Suriah, Irak, Iran, dan pusat utama peradaban Islam lainnya. Tapi ada contoh dari Spanyol Moor dan Maghreb di Barat, ke anak benua India dan kepulauan Indonesia di Timur, dan bahkan sub-Sahara.

Cakupan tema yang luas dan komprehensif, termasuk teologi berbasis Al-Qur’an dan hadits; hukum Islam (fiqh); sejarah dan biografi (khususnya Nabi dan pemuka agama lainnya); seni dan ilustrasi buku; bahasa dan sastra; ilmu; sihir, dan okultisme; dan aspek-aspek lain dari kehidupan intelektual dan spiritual dunia Islam dan masyarakatnya yang beragam. Karya-karya perwakilan dari hampir setiap pemikir Muslim penting hadir. Meskipun manuskrip tekstual yang dominan, ada juga Al-Qur'an dan karya sastra Persia yang cemerlang, termasuk enam manuskrip Persia dan India dari Syahnāmah Firdaws, epik nasional Persia, serta miniatur Persia dan Mughal yang dipasang secara terpisah. Ada manuskrip untuk tradisi keagamaan lainnya, termasuk manuskrip Kristen Arab, dan Koleksi William McElwee Miller dari Tulisan Bābī dan Teks Iran Lainnya 1846-1923 (Seri Ketiga, no. 1-47). Selain kepemilikan ini, Divisi Manuskrip juga memegang papirus Arab (terutama dokumenter).

Ada juga beberapa koleksi kecil dokumen Arab awal (perkamen dan kertas) dan kaligrafi Arab. Makalah dan arsip pribadi modern yang berkaitan dengan sejarah Timur Tengah ditemukan di Divisi Manuskrip dan di Perpustakaan Mudd (Makalah Kebijakan Publik). Penelitian pendukung adalah sekitar 300.000 volume cetak dalam koleksi yang beredar di Perpustakaan Timur Dekat.

Perpustakaan telah lama berkomitmen untuk membuat koleksi ini tersedia bagi para peneliti di seluruh dunia, awalnya dengan akses yang disediakan oleh katalog yang diterbitkan, terutama yang disusun oleh Philip K. Hitti (1938), Mohammed E. Moghadam dan Yahya Armajani (1939), Rudolf Mach (1977). ), dan Rudolf Mach dan Eric L. Ormsby (1987). Untuk versi scan dari katalog cetak manuskrip Arab, serta daftar periksa dan daftar aksesi terbaru, kunjungi halaman Naskah Islam. Staf perpustakaan telah membuat catatan bibliografi online untuk sebagian besar manuskrip Islam milik Princeton. Catatan online mencakup katalogisasi format MARC asli dan catatan bibliografi singkat berdasarkan katalog cetak. Catatan bibliografi untuk manuskrip Islam dapat dicari di katalog online Perpustakaan Universitas Princeton.

Untuk bantuan referensi, duplikasi foto dan pencitraan, dan izin untuk menerbitkan atau menyiarkan, silakan hubungi staf Layanan Publik di rbsc@princeton.edu

Catatan: Princeton Digital Library of Islamic Manuscripts adalah komponen utama dari Islamic Manuscripts Cataloging and Digitalization Project, sebuah proyek empat tahun di bawah arahan Don C. Skemer, Kurator Naskah Perpustakaan, dan dimungkinkan oleh dukungan yang murah hati dari Proyek Sihir David A. Gardner '69. Dukungan tambahan untuk digitalisasi diterima melalui Dewan Kemanusiaan Universitas Princeton. Enter

Posting Komentar

0 Komentar