Cambridge Digital Library


Koleksi manuskrip Islam Perpustakaan Universitas Cambridge bermula dari beasiswa bahasa Arab di Cambridge pada tahun 1630-an. Ketika itu Universitas memberikan jabatan Guru Besar Bahasa Arab dan William Bedwell menyumbangkan sebuah Al-Quran ke perpustakaan. Sejak saat itu koleksi berkembang menjadi lebih dari 5.000 karya, termasuk koleksi Thomas Erpenius, J.L.Burckhardt, E.H.Palmer dan E.G. coklat. Naskah-naskah ini menjelaskan banyak aspek dunia Islam, kepercayaan dan pembelajarannya.

 

Koleksinya semakin diperkaya selama berabad-abad melalui kegiatan kolektor ilmiah dan pustakawan yang terampil, menambah lebih dalam pada berbagai manuskrip yang sudah mengesankan. Namun koleksi luar biasa ini tetap relatif tidak dikenal di luar Cambridge. Sekarang kami berharap dapat menarik perhatian yang lebih baik pada harta karunnya melalui katalogisasi dan digitalisasi. Kami telah berkolaborasi dengan Bodleian di Oxford dan perpustakaan lainnya untuk menyediakan katalog online dari koleksi tersebut. Kami akan menawarkan pilihan manuskrip digital melalui proyek Yayasan dan akan mencari dana untuk digitalisasi lebih lanjut.

 

Dalam pilihan ini, kami menyajikan koleksi lengkap manuskrip Al-Qur'an paling awal yang disalin selama empat abad pertama Islam. Dengan hibah yang diberikan oleh Asosiasi Naskah Islam pada tahun 2012 kami dapat memperkaya deskripsi konten setiap fragmen. Gaya penulisan yang umumnya dikenal sebagai "Kufic" telah diklasifikasikan ke dalam gaya paleografi yang berbeda. Surat ditunjukkan dengan jelas dan dapat dicari dengan nama dan penomoran, yang akan memandu pembaca melalui teks. Di antara koleksi ini adalah bagian dari Al-Qur'an paling awal yang dijadikan wakaf oleh Amajur Gubernur Damaskus pada tahun 876 M/262 H.

 

Dari koleksi manuskrip Islam yang lebih luas, kami telah menyertakan Al-Qur'an yang lengkap dan diilustrasikan dengan indah dan sejumlah fragmen awal yang berasal dari abad pertama kalender Islam. Dari literatur yang kaya meliputi tradisi Islam, kami telah memilih satu-satunya salinan Kitāb al-tawḥīd yang masih ada, karya teologis terkenal oleh al-Maturidi, di samping karya-karya tentang sains dan beberapa contoh Sastra Persia yang diilustrasikan dengan kaya. Enter

Posting Komentar

0 Komentar