Beasiswa PhD Leverhulme Research Leadership Award: Pemetaan Budaya Manuskrip Sumatera

Beasiswa ditawarkan sebagai bagian dari Leverhulme Research Leadership Award 'Memetakan budaya manuskrip Sumatera.' Proyek ini berfokus pada tiga studi kasus: 1) perpustakaan kerajaan Palembang yang dijarah oleh Inggris pada tahun 1812 dan oleh Belanda pada tahun 1821, 2) perpustakaan sekolah agama di dataran tinggi Minangkabau yang didigitalisasi oleh Program Arsip Terancam Punah (EAP 144); dan 3) perpustakaan pribadi dari Aceh yang juga didigitalkan oleh EAP (EAP 329). Menggunakan arsip yang dikumpulkan dari koleksi era kolonial dan yang masih ada di Sumatera.

Proyek ini bertujuan untuk menghasilkan pemahaman yang inovatif, holistik dan kontekstual tentang tulisan dan tradisi intelektual Islam Asia Tenggara pada abad ke-18 dan ke-19. Ini akan melihat manuskrip yang bertahan tidak hanya sebagai teks individu tetapi sebagai buku yang tertanam di perpustakaan, bagian dari konteks sosial dan intelektual tertentu. Hal ini juga bertujuan untuk mempertimbangkan manuskrip Islam, terutama dalam bahasa Arab, di samping manuskrip sastra, terutama dalam bahasa daerah Asia Tenggara seperti Melayu, Jawa dan Aceh, sebagai bagian dari budaya menulis bersama.

Penelitian PhD yang diusulkan harus difokuskan pada analisis materi yang intensif dari setidaknya satu studi kasus yang disebutkan di atas, dan harus berkontribusi pada tujuan keseluruhan proyek. Kemungkinan topik penelitian meliputi: studi kritis terhadap satu atau lebih manuskrip kunci yang diambil dari studi kasus, atau perbandingan antara eksemplar ini dan yang lainnya dalam tradisi manuskrip yang lebih luas, termasuk aspek tekstual dan/atau material.

Topik yang diwakili dalam studi kasus, seperti tasawuf esoteris, hubungan antara genre Islam dan sastra, dan intervensi kolonialisme dalam tradisi manuskrip; tokoh kunci, termasuk penulis, penyalin, kolektor atau pemilik perpustakaan; lembaga-lembaga sosial di mana naskah-naskah tersebut berada dan ditemukan, seperti surau Minangkabau, dayah Aceh dan/atau keraton Palembang; peredaran teks, genre atau pengarang tertentu antar perpustakaan di Sumatera dan sekitarnya; makna dan penggunaan manuskrip dari studi kasus ini di masa sekarang.

Topik lain juga dapat dipertimbangkan, selama sesuai dengan lingkup proyek. Kandidat yang berhasil akan diharapkan untuk berkontribusi pada tujuan keseluruhan proyek, seperti dengan membantu pembuatan katalog dan transkripsi, serta dengan acara penelitian dan penjangkauan. PhD akan diawasi oleh Dr Mulaika Hijjas, peneliti utama proyek tersebut.

Kriteria Kandidat memiliki gelar tingkat Master yang baik (atau setara di luar negeri) dalam mata pelajaran yang relevan (yaitu studi sastra, sejarah, budaya, filologi, atau Islam di Asia Tenggara kepulauan); Kemahiran lanjutan dalam bahasa Melayu/Indonesia (bahasa lain yang relevan, termasuk bahasa Arab, Aceh, Minangkabau atau Jawa sebagai tambahan);

Pengalaman dan keahlian bekerja dengan bahan arsip, terutama naskah Jawi, dan pendekatan humaniora digital terhadap arsip, atau kemauan untuk mengembangkan keterampilan Anda di bidang ini; kesediaan untuk bekerja sebagai bagian dari tim peneliti yang lebih besar dan untuk berkontribusi pada tujuan keseluruhan proyek.

Hanya pelamar baru yang dapat mendaftar: mereka yang sudah terdaftar pada program gelar penelitian di SOAS tidak memenuhi syarat. Aplikasi penerimaan online Anda harus mencakup: proposal penelitian yang menguraikan topik penelitian yang Anda usulkan (2.000 kata), termasuk bagaimana hal itu sesuai dengan tujuan proyek yang dijelaskan di atas, pernyataan pribadi (1.500 kata) yang menunjukkan bagaimana Anda akan berkontribusi pada tujuan keseluruhan proyek dan cara Anda memenuhi syarat untuk melaksanakannya.

 

Kandidat terpilih akan diwawancarai dari jarak jauh melalui Zoom selama minggu 9 Agustus 2021. Beasiswa ini berlaku selama 3 tahun dan akan mencakup biaya kursus dengan tarif Luar Negeri dan tunjangan siswa (sekitar £ 15.609 per tahun - akan dikonfirmasikan dengan Kantor Penelitian).

Penilaian Kandidat. Kandidat akan dinilai berdasarkan prestasi akademik oleh Panel Seleksi yang terdiri dari tiga anggota staf akademik. Penilaian aplikasi Anda akan didasarkan pada informasi dalam aplikasi online Anda untuk masuk. Para penyeleksi akan melihat hasil gelar Anda dan juga referensi akademis, pernyataan pribadi, proposal penelitian, dan informasi relevan lainnya.

Prosedur Aplikasi Beasiswa.  Pelamar harus menyelesaikan langkah-langkah berikut:

LANGKAH 1: Mendaftar untuk gelar penelitian (MPhil/PhD) dalam Studi Asia Tenggara di SOAS

Pelamar harus menyerahkan aplikasi online LENGKAP untuk masuk ke gelar penelitian (MPhil / PhD dalam Studi Asia Tenggara) sesegera mungkin tetapi tidak lebih dari batas waktu beasiswa pukul 17:00 waktu Inggris, 9 Juli 2021. Harap pastikan untuk menyatakan dalam aplikasi penerimaan Anda bahwa Anda ingin diawasi oleh Dr Mulaika Hijjas dan bahwa Anda mengajukan permohonan dana beasiswa Leverhulme RLA.

Sebuah aplikasi lengkap untuk masuk termasuk transkrip akademik dan sertifikat gelar, penjelasan tentang sistem penilaian untuk setiap gelar yang diperoleh di luar Inggris, dua referensi akademik, CV, proposal penelitian yang koheren 2000 kata dan pernyataan pendukung.

PENTING: Aplikasi penerimaan online Anda harus menyertakan proposal penelitian yang menguraikan bagaimana Anda akan memenuhi tujuan proyek sementara yang dijelaskan di atas dan pernyataan pribadi yang menunjukkan bagaimana Anda akan berkontribusi pada tujuan keseluruhan proyek dan cara Anda memenuhi syarat untuk melaksanakan itu keluar.

LANGKAH 2: Mendaftar untuk beasiswa

Anda harus mengajukan beasiswa ini melalui formulir aplikasi beasiswa online sesegera mungkin tetapi tidak lebih dari batas waktu beasiswa 17:00 (waktu Inggris), 9 Juli 2021.

Untuk pertanyaan apa pun mengenai prosedur aplikasi beasiswa, silakan kirim email ke Scholarships@soas.ac.uk

Untuk setiap pertanyaan mengenai proyek, silakan email Dr Mulaika Hijjas, mh86@soas.ac.uk

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: SOAS University of London

Posting Komentar

0 Komentar