Palimpsest Quran: Fenomena Tulisan di atas Tulisan


Naskah Al-Qur'an yang disajikan di sini adalah kasus yang sangat istimewa. Ini adalah palimpsest, halaman yang skripnya telah sepenuhnya dihapus dan ditulis kembali. Setelah beberapa waktu, lapisan pertama muncul kembali dan dapat dilihat, agak kabur, di bawah lapisan kedua. Itu mungkin dibuat tidak lebih dari beberapa dekade setelah kematian Nabi Muhammad pada tahun 632 dan dianggap sebagai salah satu saksi teks paling awal dari Al-Qur'an. Sekilas fakta bahwa kedua lapisan tersebut berisi bagian dari Al-Qur'an, yaitu bagian dari satu teks dan teks yang sama, sangatlah mencengangkan. Pertanyaannya adalah: untuk alasan apa seseorang menghapus teks, hanya untuk menimpanya dengan teks yang sama, menggunakan gaya skrip yang kurang lebih sama?

 

Palimpsest, yang kira-kira tiga lusin fragmen selamat, ditemukan pada tahun 1972 selama pekerjaan restorasi di dinding barat Masjid Agung Sanaa. Ruangan tempat penyimpanannya bersama dengan 40.000 penggalan naskah Al-Qur'an lainnya tampaknya berfungsi sebagai semacam gudang, karena tidak berani membuang teks-teks agama - sebuah praktik yang juga dapat ditemukan dalam Yudaisme.

 

Di antara pecahan harta karun lainnya, yang sangat penting untuk studi Al-Qur'an, palimpsest mengambil posisi yang luar biasa. Bahwa kedua lapisan berisi bagian dari teks yang sama itu luar biasa, dan menariknya adalah kenyataan bahwa keduanya ditulis dalam jenis skrip yang sama. Poin terakhir ini menunjukkan bahwa kedua lapisan tersebut pasti berasal dalam interval waktu yang relatif singkat. Fenomena ini dapat dijelaskan dengan memperhatikan konteks historisnya. Ekspansi Kerajaan Islam yang cepat setelah kematian Nabi Muhammad menyebabkan perselisihan tentang kata-kata yang tepat dari Al-Qur'an, karena para ahli yang tersebar di wilayah yang luas mengingat hal-hal secara berbeda. 

 

Menghadapi situasi divergensi yang berkembang ini, Khalifah Utsman (berkuasa 644-656) - seperti yang dilaporkan oleh sumber-sumber Islam - akhirnya memilih sekelompok orang yang dipercaya dengan tugas merekonstruksi kata-kata otentik dari wahyu, menggunakan semua lisan. dan kesaksian tertulis yang bertahan sebagai dasar untuk pekerjaan ini. Hasilnya adalah teks standar resmi, yang disebut versi kanonik, dan semua versi menyimpang lainnya diperintahkan untuk dihancurkan - perintah yang tidak di setiap tempat dipenuhi dengan segera atau tanpa perlawanan.

 

Tapi bagaimana kaitannya dengan "Fenomenaa Tulisan Al-Qur'an di atas Al-Qur'an" dengan ini? Melihat lebih dekat pada lapisan bawah mengungkapkan penyimpangan yang signifikan dari versi standar uthmanic (yang bagaimanapun tidak banyak mengubah arti teks). Oleh karena itu sangat mungkin bahwa di sini kita memiliki versi Al-Qur'an prekononika yang sebagai akibat dari peristiwa redaksi uthmanik menjadi tidak diinginkan dan oleh karena itu punah. 

 

Memproduksi naskah yang mengandung versi non-resmi setelah standarisasi di bawah Utsman sangat tidak mungkin. Terlebih lagi, karena nilai material menunjukkan bahwa itu pasti spesimen yang mahal. Untuk menghasilkan salinan lengkap Al-Qur'an sebesar ini, dibutuhkan lebih dari 200 kulit hewan, mungkin domba atau kambing! Ini juga tampaknya menjadi salah satu alasan mengapa manuskrip "lama" tidak dibuang begitu saja: dengan menyiapkan halaman-halamannya dan menulis ulang dalam versi resmi sekarang perkamen mahal dapat dipertahankan. Hal ini membuat Al-Qur'an palimpsest dari Sanaa menjadi saksi dari peristiwa penting dalam sejarah Islam: redaksi akhir teks Al-Qur'an.

 

Tapi tidak hanya palimpsest yang sangat penting. Mengingat asal mula kedua lapisan dan mengingat fakta, bahwa kondisi fisik mengungkapkan urutan kronologis relatifnya tanpa keraguan, manuskrip ini memungkinkan wawasan yang berharga tentang perkembangan aksara Arab dan ortografi, penanggalan manuskrip dengan membandingkan fitur skrip yang berbeda. dan produksi dan ornamen manuskrip Al-Quran pada abad ke-7.

 

Kelangkaan dan pentingnya manuskrip ini juga tercermin dari nilai moneternya. Empat halaman entah bagaimana sampai ke rumah lelang barat dan yang terakhir - dijual pada 2008 di Christie's - memecahkan rekor lelang dunia untuk setiap manuskrip Islam dengan menghasilkan jumlah yang luar biasa sebesar £ 2.484.500! Ini bahkan membuatnya mendapat perhatian di majalah Inggris Country Life, yang didedikasikan untuk pelelangan dan penjualan rumah pedesaan Inggris dan, ini patut dicatat, beberapa di antaranya lebih murah untuk dibeli daripada halaman palimpsest.











Sumber: Center for the Study of Manuscript Culture (CSMS)

Posting Komentar

0 Komentar