Dalāʾil al-Hayrāt & Fenomena Iluminasi Mekkah



Dalāʾil al-Hayrāt adalah salah satu koleksi doa Islam yang paling penting dan tersebar luas. Mulai terkenal dari Maroko, tempatnya disusun, hingga sejauh Asia Tenggara dan ada beberapa ribu manuskrip yang ada di seluruh dunia yang berisi karya ini. Kodeks Munich tertanggal 1857, tetapi juga beberapa manuskrip lain dan berbagai edisi cetak menunjukkan, setelah pengenalan umum, ilustrasi dua sisi kota suci Islam Mekah dan Madinah. Naskah semacam ini adalah hasil pengembangan yang lebih panjang yang dimulai dengan naskah non-ilustrasi dari Dalāʾil al-Hayrāt. Tetapi mengapa ilustrasi menunjukkan Mekah dan Madinah meskipun Mekah sama sekali bukan subjek kumpulan doa?

 

Dalāʾil al-ḫayrāt ("Panduan Perbuatan Baik"), kumpulan doa, syafaat dan berkah untuk Nabi Muhammad, adalah karya utama mistik Maroko al-Ǧazūlī (meninggal sekitar 1465). Ini adalah salah satu teks dengan konten religius yang paling banyak disalin dan dikomentari. Karena fokusnya terletak pada Nabi Muhammad yang secara khusus dipuja sebagai Nabi Islam, hal besar ditentukan oleh desain visual manuskrip Dalāʾil al-Hayrāt. Dalam banyak kasus, desainnya bahkan sesuai dengan Al-Qur'an: bingkai emas, halaman pembuka yang diterangi, pembatas emas antara bagian atau pencacahan serta ikatan berharga.

 

Satu bagian di awal teks berhubungan dengan situs pemakaman Nabi Muhammad di Madinah. Ini menggambarkan makamnya dan tempat Nabi berada di masjid. Selanjutnya, makam dua temannya Abū Bakr dan ʿUmar dijelaskan. Bagian ini jelas mengilhami para juru tulis dan iluminator untuk menambahkan gambar satu sisi Madinah (seringkali dua dimensi dan cukup skema) satu sisi dan ruang pemakaman ke teks yang, mungkin, pada awalnya tidak diilustrasikan.

 

Sejak awal abad ke-16, semakin banyak manuskrip Dalāʾil al-ḫayrāt dapat ditemukan di mana gambar satu sisi dilengkapi dengan ilustrasi Madinah lainnya di halaman berlawanan yang menunjukkan mimbar (mimbar) dan ceruk doa (miḥrāb) di masjid Nabi (al-masǧid an-nabawī). Jenis ilustrasi dua sisi ini mencerminkan preferensi untuk konstruksi geometris dan simetri, yang juga ditunjukkan oleh desain manuskrip lain yang berfokus pada berbagai topik yang berbeda.

 

Namun fakta bahwa Mekah ditunjukkan di halaman yang berlawanan, seperti dalam Munich Codex, adalah fenomena yang lebih baru yang tidak dapat ditemukan dalam manuskrip-manuskrip sebelumnya (f. 13v, gbr. 2). Meskipun konsep ilustrasi dua sisi tetap dipertahankan, menunjukkan Mekah dan Madinah pada halaman yang berseberangan merupakan fenomena yang menarik mengingat bahwa Mekah bukanlah subjek Dalāʾil al-Hayrāt. Oleh karena itu, alasan inovasi ini tidak dapat ditemukan dalam teks itu sendiri.

 

Naskah semacam ini diproduksi secara eksklusif di Dunia Arab Timur sejak akhir abad ke-18 / awal abad ke-19. Perubahan cara mengilustrasikan naskah ini bertepatan baik secara regional maupun dalam waktu, dengan munculnya Wahhābīya, sebuah gerakan Islam Sunni yang konservatif dan militan. Pengikut gerakan ini sekarang mewakili kelompok agama terbesar dalam populasi Arab Saudi, dan ajaran mereka adalah doktrin negara. Mereka menentang beberapa bentuk kepercayaan populer dan menolak tidak hanya bentuk ibadah kenabian yang lebih kuat tetapi juga ziarah kubur dan tawasul yang telah menjadi kebiasaan yang tersebar luas di seluruh dunia Islam.

 

Fakta bahwa ilustrasi Mekah dan Madinah ditampilkan pada halaman-halaman yang berlawanan dari manuskrip Dalāʾil al-Hayrāt mungkin merupakan hasil dari kritik tersebut di atas terhadap bentuk-bentuk berbeda dari ibadah kenabian dan ziarah kubur, yang dianggap tercermin oleh dua ilustrasi Madinah yang darinya satu menunjukkan masjid nabi dan yang lainnya menunjukkan makam. Hal ini tampaknya membuat orang percaya bahwa sebenarnya bukan Allāh tetapi Nabi Muhammad yang disembah. Salah satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa dengan menunjukkan ilustrasi Kakbah, Rumah Tuhan, seseorang dimaksudkan untuk menghadapi ketidakseimbangan antara menyembah Nabi dan Tuhan. Fakta bahwa tidak hanya makam yang diilustrasikan lebih lama, tetapi - seperti halnya dengan manuskrip saat ini - bahkan seluruh bangunan, yang juga digambar dalam perspektif sejak abad ke-19, mendukung tesis bahwa perlawanan terhadap ziarah kubur dan tawasul adalah alasan untuk perubahan ilustrasi.

 

Kodeks Munich, yang mungkin disusun di Istanbul pada tahun 1857, adalah hasil dari perkembangan yang lebih panjang yang seluruhnya berlangsung selama empat abad. Ini membuktikan pembentukan gerakan baru yang berpengaruh, baik secara politik maupun agama, yang tampaknya mempengaruhi desain manuskrip di Dunia Arab  Timur dengan efek yang bertahan lama.

 

Ciri luar biasa lain dari manuskrip ini: Seluruh manuskrip menampilkan apa yang disebut gaya Rokoko Turki. Baik elemen geometris dan bunga (f. 1v, gbr. 3) dan pemandangan naturalistik lanskap dan kota yang digambar dalam perspektif telah menjadi ciri khas seni dan arsitektur Ottoman sejak pertengahan abad ke-18, yang dengan jelas mencerminkan pengaruh Eropa. Selain itu, ledakan cahaya atau air mancur emas di atas cungkup masjid nabi yang melambangkan kesucian tempat ini adalah detail penting lainnya (f. 14r, gbr. 4). Meskipun Mekah ditampilkan di halaman yang berlawanan, perhatian pembaca kembali tertuju pada Madinah, masjid nabi dan makam yang terletak di dalam masjid. Ini adalah bagaimana referensi langsung ke teks dibangun kembali.










Sumber: Center for the Study of Manuscript Culture (CSMS)

Posting Komentar

0 Komentar