Risalah Mughniyah

 Naskah ini berjudul “ar-Risālah al-Mughniyah fī as-Sukūt wa Luzūm al-Buyūt”, ditulis oleh Abu Ali al-Hasanbin Ahmad bin ‘Abd Allah al-Baghdady (w. 471 H/1078 M), atau lebih dikenal “Ibn al-Banna’”. Seperti tampak pada judulnya, buku ini membahas tentang keutamaan tinggal dan berdiam diri di rumah. Memang, secara spesifik buku ini tidak membahas tentang pandemi atau sejenisnya, hanya saja seperti diketahui, dalam situasi pandemi atau wabah, salah satu cara menghindari penularan penyakit dari satu orang kepada orang lain adalah dengan berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktivitas di luar rumah (socialpsycology dan ataulockdown). Fungsi menetap di rumah ini juga adalah dalam rangka memutus rantai penyebaran virus penyakit. Naskah ini selesai ditulis pada hari Senin, 2 Jumadil Awal 678 H/1279 M di Damaskus.


Secara umum, pembahasan-pembahasan dalam buku “ar-Risālah al Mughniyah fī as-Sukūt wa Luzūm al-Buyūt”ini adalah sebagai berikut:
1.   Bab tentang keselamatan manusia, yaitu dengan diam dan menjaga lisan. Disini Al-Baghdady banyak mengutip hadis-hadis Nabi saw.
2.     Bab tentang berdiam diri di rumah (as-sukut waluzum al-bait).
3.  Bab apa-apa yang wajib ketika muncul fitnah, yaitu dengan mencari keselamatan dan menetap di negeri.
4.     Bab tentang berinteraksi sesuai keperluan dan meninggalkan sesuatu yang tidak memiliki urgensi.

Paragraf naskah di samping adalah pembahasan tentang diam dan atau tinggal di rumah. Dalam kutipan naskah ini Al-Baghdady mengutip sebuah riwayat dari Uqbah bin Amir yang menjelaskan tentang apa itu ‘keselamatan’ dan kaitannya dengan berdiam diri di rumah. 

“Dari Uqbah bin Amir, dia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah saw, “apa itu sebab keselamatan?” Nabi saw bersabda, “(Keselamatan itu) yaitu hendaklah engkau menahan lisanmu, sibukkanlah rumahmu dengan ibadah kepada Allah, dan tangisilah dosa-dosamu” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

Sedangkan pada bab (pembahasan) naskah di samping adalah tentang apa-apa yang harus dilakukan manakala muncul fitnah, yaitu demi mencari keselamatan dan menetap di negeri. Dalam kutipan di atas Al-Baghdady mengutip sabda Nabi SAW riwayat Abu Musa al-‘Asy’ari sebagai berikut:

 “Dari Abu Musa Al-Asy’ary semoga Allah meridainya, beliau bersabda Rasulullah Saw, “Sesungguhnya menjelang hari kiamat ada fitnah-fitnah seperti potongan malam yang gelap, di pagi hari pada zaman itu seseorang dalam keadaan beriman namun di sore hari dia dalam keadaan kafir, dan di sore hari dia dalam keadaan beriman namun di pagi hari dia dalam keadaan kafir, orang yang duduk pada zaman itu adalah lebih baik daripada orang yang berdiri, dan orang yang berjalan pada zaman itu adalah lebih baik daripada orang yang berlari” (HR. Abu Dawud).


Berikut adalah link download naskah “ar-Risālah al- Mughniyah fī as-Sukūt wa Luzūm al-Buyūt” karya Abu Ali al-Hasan bin Ahmad bin ‘Abd Allah al-Baghdady (w. 471 H/1078), yang berasal dari “Maktabah azh-Zhahiriyah” (seluruhnya 8 lembar). Naskah ini dapat diunduh di: https://www.alukah.net/library/0/76691/ 






Reference: Buku Kepustakaan Medis-Pandemik di Dunia Islam

Posting Komentar

0 Komentar