Biodiversitas & Iluminasi: Pengembangan Ragam Motif Batik Berdasarkan Naskah Kuno


PENULIS                   : Herdis Herdiansyah, dkk

EDITOR                     : R. Ari Nugroho

TEBAL HALAMAN   : viii+288

UKURAN BUKU       : 18,2 x 25,7 cm

ISBN                          : 978-623-5287-70-6

DESKRIPSI                :


Iluminasi adalah bagian terindah dari naskah kuno. Bagian ini merupakan aspek kodikologi dalam kajian naskah kuno yang berfungsi sebagai bingkai agar teks terlihat lebih indah. Keindahan yang diberikan berguna untuk menarik pembaca atau memberikan kenyamanan ketika membaca teks. 

 

Iluminasi merupakan imajinasi illustrator yang terinspirasi dari alam atau pun fenomena sosial yang terjadi pada masanya. Kreativitas dan imajinasi berkolaborasi dalam membentuk kreasi berupa hiasan yang memberikan makna tertentu. Oleh karena itu, perlu adanya kajian dalam rangka mengungkap makna hiasan tersebut dan melestarikannya dengan mengalihwahanakan dalam berbagai media. 

 

Iluminasi mempunyai kedudukan penting hubungannya dengan telaah isi naskah. Naskah-naskah Jawa yang ditulis di skriptorium keraton misalnya, iluminasi berhubungan langsung dengan teks dalam meningkatkan nilai spiritual naskah, meneguhkan kedudukan raja, dan mengomunikasikan pesan dalam teks. Selain iluminasi, bagian naskah yang juga berbentuk gambar adalah ilustrasi. Ilustrasi merupakan gambar yang berfungsi menjelaskan isi teks. Adanya ilustrasi ketika gambar dibutuhkan dalam menjelaskan narasi teks yang dirasa sulit dipahami atau karena ruang kosong yang masih tersisa.

 

Iluminasi dan ilustrasi sering kali memukau pembaca dengan warna dan motifnya. Meskipun sama-sama berbentuk gambar, iluminasi dan ilustrasi dapat dibedakan berdasarkan lokasi gambar. Iluminasi umumnya berada di halaman pertama naskah, sedangkan ilustrasi berada di bagian tengah. Iluminasi berfungsi sebagai bingkai, sedangkan ilustrasi berusaha memperjelas narasi teks pada bagian tertentu. Posisi keduanya terhadap teks masih belum jelas apakah digambar dan ditulis oleh orang yang sama. Dalam sejarah, nama-nama populer kaitannya dengan naskah didominasi oleh para penulis teks, belum ada konfirmasi yang membuktikan suatu naskah ditulis atau digambar oleh orang yang sama atau berbeda. 

 

Iluminasi dan ilustrasi selain bersandar pada imajinasi ilustratornya, juga terinspirasi dari alam atau fenomena sosial yang terjadi. Bentuk gambar mewakili situasi sebenarnya dalam kehidupan, kajian mendalam terhadapnya akan membantu teks dalam melukiskan keadaan sebenarnya yang ingin diungkapkan oleh penulis. Naskah-naskah yang dihasilkan keraton, erat kaitannya dengan alam dan bangunan serta berbagai bentuk yang berhubungan dengan keraton. Berbeda dengan naskah-naskah Pecenongan yang dihasilkan oleh Muhammad Bakir, naskah-naskah ini ditulis ketika masa peralihan dan dilakukan di luar keraton. Naskah Bakir fokus pada kondisi alam dan fenomena sosial sehingga gambar-gambar yang muncul berhubungan dengan keanekaragaman hayati atau fenomena sosial yang sedang terjadi. 

 

Keanekaragaman hayati dan fenomena sosial menjadi hal unik dan menarik. Besar kemungkinan hal tersebut keberadaannya hanya pada masa itu dan tidak terjadi lagi di masa selanjutnya. Hal ini perlu digali secara komprehensif sebagai warisan pengetahuan dan kebudayaan untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan tentang keanekaragaman alam, sosial dan budaya pada periode naskah tersebut ditulis. Selain bentuk gambar pada iluminasi dan ilustrasi, bahan pewarnaan penting untuk diketahui bagaimana asal- usul dan proses pewarnaan pada masa itu. 

 

Kajian iluminasi dan ilustrasi naskah kuno penting dilakukan, sayangnya penelitian bagian ini masih sangat langka di Indonesia. Padahal Indonesia memiliki sumber-sumber naskah kuno beriluminasi yang kaya dan beragam, baik naskah-naskah yang berada di dalam negeri maupun naskah-naskah yang tersimpan di luar negeriKurangnya penelitian iluminasi atau ilustrasi dibanding narasi teks karena tidak semua naskah menampilkan iluminasi dan ilustrasi. Faktor lain yang memengaruhi kurangnya penelitian iluminasi atau ilustrasi adalah belum maksimalnya penggunaan hasil kajian iluminasi atau ilustrasi secara praktis. Transformasi hasil kajian iluminasi atau ilustrasi menjadi motif batik adalah upaya memaksimalkan hasil kajian iluminasi atau ilustrasi secara praktis. Info dan pemesanan silahkan menghubungi wa.me/6285173179842

Posting Komentar

0 Komentar