Manuskrip Abad Kesembilan Belas di Mesir melalui Lens of Seetzen's Manuscript Collection bersama Prof. Dr. Ahmed El Shamsy (Chicago)


Koleksi lebih dari 1.500 manuskrip Arab yang diperoleh Ulrich Jasper Seetzen di Kairo untuk pelindungnya, Duke of Saxe-Gotha-Altenburg, adalah hasil dari upaya intensif selama dua tahun. Manuskrip-manuskrip tersebut mencakup seluruh sejarah Islam, dari fragmen awal Quran hingga puisi tentang pendudukan Napoleon di Mesir. Meneliti isi koleksi hubungannya dengan korespondensi Seetzen memberikan jendela pada budaya buku yang ditemui Seetzen di awal abad kesembilan belas Kairo.

 

Ahmed El Shamsy adalah profesor pemikiran Islam di Universitas Chicago. Dia mempelajari sejarah intelektual Islam, dengan fokus pada evolusi disiplin Islam klasik dan budaya ilmiah dalam konteks sejarah yang lebih luas. Penelitiannya membahas tema-tema seperti kelisanan dan literasi, sejarah buku, dan teori dan praktik hukum Islam. Bukunya yang terbaru, Rediscovering the Islamic Classics, menelusuri transisi sastra Islam klasik dari manuskrip ke cetak. Publikasi lainnya termasuk monografi The Canonization of Islamic Law dan banyak artikel tentang berbagai aspek tradisi Islam.

Posting Komentar

0 Komentar