Babad Tanah Jawi, The Chronicle of Java: the revised prose version of C.F. Winter Sr. (KITLV Or 8)


Babad adalah kronik Jawa tradisional yang ditulis dalam syair. Meskipun ada banyak babad, beberapa berhubungan dengan daerah tertentu (Babad Madura), atau periode (Babad Kartasura), atau peristiwa (Babad Pacina), 'ibu' dari semua babad adalah teks yang dikenal dengan sebutan Babad Tanah Jawi. 

 

Versi terakhirnya berasal dari tahun 1836, meskipun peristiwa yang digambarkan berakhir sekitar tahun 1770. Ini menggambarkan sejarah Jawa, atau lebih tepatnya raja-raja Jawa, ab ovo, yaitu dari Adam sampai sekitar tahun 1770. Meskipun sebagian dari teks ini dapat ditemukan, kadang-kadang secara harfiah, di babad lain, hanya ada satu salinan lengkap yang diketahui dari teks ini di perpustakaan Universitas Leiden (LOr 1786, 18 volume, 9.094 halaman).

 

Fungsi Babad Tanah Jawi umumnya dianggap sebagai legitimasi rumah penguasa Mataram dan rajanya saat ini. Hal ini pertama-tama berlaku bagi pendiri dinasti Sénapati (memerintah: 1588-1601) yang garis keturunannya, sebenarnya sederhana, ditelusuri kembali secara berbelit-belit hingga Nabi Adam. Sénapati tidak hanya membutuhkan legitimasi, tetapi semua raja berikutnya membutuhkannya, dan ini menyebabkan tidak hanya teks yang sering diperbarui tetapi juga penulisan ulang yang menyeluruh, ketika legitimasi satu raja berarti delegitimasi pendahulu atau saingannya. Selengkapnya Babad Tanah Jawi

Posting Komentar

0 Komentar