Islamic Arts Museum Malaysia: Qur'an and Manuscript Gallery


Kata-kata tertulis dimuliakan dalam Islam, dan pada puncaknya adalah Al-Qur'an. Dihormati sebagai firman Tuhan, ini menciptakan tanggung jawab besar bagi mereka yang berkomitmen untuk menulis. Contoh kaligrafi Arab paling awal yang ada berasal dari Al-Qur'an, tertulis dalam tulisan yang kemudian disebut Kufi. Ini berkembang menjadi banyak skrip berbeda yang memberi bahasa Arab keragaman artistik yang kaya. Juru tulis adalah anggota terhormat masyarakat Islam, dan penguasa juga cenderung menampilkan kecakapan kaligrafi mereka. Ini mencakup lebih dari teks-teks suci. Puisi dan beasiswa juga sangat dihormati, dan dicari karena alasan selain penampilan mereka. Meskipun demikian, penekanan pada tulisan tangan membuat tingkat kesenian tetap tinggi. Kata yang dicetak tidak pernah memperoleh status yang sama di dunia Islam.


Fragmen tertua dari Al-Qur'an berasal dari abad ke-8. Asal-usul mereka biasanya tidak jelas, tetapi mereka biasanya dikaitkan dengan Afrika Utara atau Timur Tengah. Kekuatan kesederhanaan mereka terbukti dengan sendirinya. Dari sekitar abad ke-11 dan seterusnya, kertas mengambil alih dari vellum asli. Dekorasi beralih dari minimalis Kufi awal ke contoh-contoh selanjutnya yang dihiasi dengan emas dan warna yang cukup untuk memenuhi kata-kata sepenuhnya. Tingkat ornamen umumnya ditentukan oleh anggaran pelindung dan lokasi geografis. Sementara India, Persia dan Kekaisaran Ottoman menempatkan nilai tinggi pada perhiasan, di ujung barat dunia Islam, beberapa kekasaran asli tetap ada.

 

Al-Qur’an dilengkapi dengan karya-karya lain yang bertema religi. Buku hadits dan doa, silsilah Nabi Muhammad, dan risalah tentang hukum Islam adalah genre penting. Ini kadang-kadang diterangi dengan pemandangan Kota Suci dan ditulis dalam bahasa asli. Di Asia Tenggara ini termasuk Melayu, Jawa dan Bugis. Di tempat lain itu adalah Persia, Turki dan Urdu yang mendominasi.

 

Penerangan jarang terjadi pada karya-karya sains dan filsafat. Kontribusi dunia Islam di bidang-bidang ini dinilai secara universal karena substansinya daripada penampilannya. Karya-karya astronomi, matematika, dan kedokteran tampak kurang spektakuler dibandingkan teks-teks keagamaan, tetapi karya-karya itu memimpin dunia dalam bidang keilmuan, berakhir di perpustakaan di seluruh dunia yang dikenal pada waktu itu. Meskipun beberapa dari karya-karya mendasar ini tetap dalam bentuk aslinya, tradisi membuat salinan dengan tangan telah memastikan kelangsungan hidup versi-versi selanjutnya.

 

Ada tradisi yang cukup berbeda dalam bentuk lukisan mini. Seni figural terus berkembang di beberapa negeri Islam, lama setelah mereka dimasukkan ke dalam Islam. Epos sastra Persia sangat bergantung pada seni pelukis untuk menyampaikan pesan cinta dan kepahlawanan mereka. Namun, untuk sebagian besar manuskrip, kombinasi kata tertulis dan detail non-figurallah yang mengangkatnya menjadi agung. Dari kedalaman puisi hingga persyaratan yang lebih formal dari akta nikah, kaligrafi memberikan dimensi visual yang jelas bagi mereka yang tidak dapat membaca satu kata pun dari isinya. Enter

Posting Komentar

0 Komentar