West African Arabic Manuscript Database (WAAMD)


WAAMD adalah database dwi-bahasa yang dikembangkan di University of Illinois pada akhir 1980-an untuk menggambarkan koleksi manuskrip Arab di Mauritania selatan (Boutilimit). Ini kemudian telah digunakan untuk menyusun katalog gabungan koleksi Afrika Barat lainnya, termasuk perpustakaan manuskrip di Afrika Barat, Eropa dan Amerika Serikat. Mulai tahun 2018 inventaris dari proyek SAVAMA-DCI di Timbuktu sedang ditambahkan. Ini adalah pekerjaan yang sedang berjalan yang akan berkembang seiring dengan tersedianya data perpustakaan tambahan dari Afrika Barat. WAAMD diselenggarakan oleh Perpustakaan Universitas California, Berkeley.

 

Perangkat lunak basis data ditulis ulang pada 2017/18 dan sekarang terdiri dari lima kumpulan data interaktif: catatan manuskrip, penulisnya, nisba penulis, subjek, dan koleksi itu sendiri. Ini memiliki mesin pencari yang dirancang untuk mengidentifikasi manuskrip dan penulis ketika hanya informasi terpisah yang tersedia, dalam karakter Arab atau Latin atau kombinasi keduanya. Gambar digital teks manuskrip tersedia, tautan url ke gambar muncul dalam catatan.

 

Basis data tersedia untuk umum tanpa biaya bagi pengguna; dan aplikasi katalog WAAMD gratis untuk diunduh penggunaan lokal. Tiga puluh bidang dalam bahasa Arab dan Inggris mencakup semua deskriptor yang biasanya digunakan dalam karya manuskrip dan pengguna dapat menyesuaikan bidang input untuk kebutuhan koleksi tertentu. Kami mendorong dimasukkannya materi yang baru di katalog ke dalam database utama dan meminta pembaca untuk menghubungi editor untuk membantu memfasilitasi ini.

 

Pendanaan untuk pengembangan dan elaborasi AMMS, sekarang WAAMD, dimulai dengan dukungan dari National Endowment for the Humanities pada tahun 1991 dan sejak itu menerima dukungan dari University of Illinois di Urbana-Champaign, The Johns Hopkins University, Duke University, al-Furqan Yayasan Warisan Islam, dan Universitas California di Berkeley. Enter

Posting Komentar

0 Komentar