Refaiya Family Library at Leipzig University Library


Perpustakaan Refaiya terdiri dari 488 manuskrip, di antaranya 89 manuskrip komposit. Sejumlah manuskrip telah disortir atau ditambahkan, sehingga 432 jilid yang semula dikatalogkan di bawah merek DC, ditambah menjadi 488 jilid selama tahun 1853 hingga 1855. Sebagian besar, manuskrip ditulis dengan jelas dan dapat dibaca. Mereka terikat dalam binding kulit Oriental, atau sampul yang terbuat dari karton, kertas berwarna atau kertas marmer. 

 

Di antara koleksinya ada 16 buku berornamen dan dihias. Mengenai isi karya, Fleischer dengan tepat menunjukkan sebagai hal yang patut diperhatikan, bahwa karya-karya khas dari perpustakaan masjid dan madrasah, yaitu Al-Qur'an dan karya-karya keagamaan ilmiah, komentar dan meta-komentar, dipertahankan "dalam batas-batas yang wajar" di ruang pribadi ini. Pembentukan koleksi Refaiya menunjukkan karakter sistematis yang nyata.

 

Faktanya, Refaiya di satu sisi merupakan penampung dari banyak bidang pengetahuan Islam tradisional dengan bagian puisi yang relatif tinggi (44 eksemplar) dan mistisisme (41 eksemplar). Selain itu, genre lain yang jarang atau tidak ditemukan sama sekali di perpustakaan manuskrip Islam umum – seperti karya historiografi, biografi, sastra belles letter / adab, travelogues, sastra berburu, ilmu alam, dan yang tak kalah pentingnya, erotisme – semuanya diwakili dalam Refaiya oleh beberapa salinan. 

 

Naskah tertua yang sangat berharga (Vollers Nr. 0505) adalah naskah gabungan dari tiga karya. Dua di antaranya bertanggal 990 M (380 h.) dan berisi Diwan (kumpulan puisi) penyair Abū ālib Abd Manāf (0505a) dan Abū´l-Aswad ad-Du´alī (0505b). Karya ketiga, Diwan Suḥaim Abd Banī l-Ḥasḥās (0505c), tidak lengkap dan tidak bertanggal, tetapi kemungkinan besar dikaitkan dengan abad yang sama (jika bukan tahun yang sama), karena ditulis oleh penyalin yang sama.

 

Dari sini, manuskrip yang disalin pada abad-abad berikutnya dapat ditemukan di Refaiya. Di antara manuskrip tertua yang berasal dari 380/990 (no. 505) dan yang termuda dari 1262/1846 (no. 758), koleksi Refaiya terdiri dari manuskrip dari semua abad, dengan sebagian besar salinan berasal dari abad 17-18. Yang menonjol adalah banyak entri sekunder di hampir semua manuskrip, seperti pernyataan kepemilikan, dan anotasi bacaan; mereka berfungsi sebagai bukti penggunaan perpustakaan yang dinamis. Catatan pinggir ini, yang tidak selalu terkait dengan isi karya, memberikan bukti kehidupan intelektual intensif yang terkait dengan keluarga Rifā‛ī dan kemungkinan pemilik sebelumnya selama berabad-abad.

 

Perpustakaan bukan hanya kumpulan karya unik dan dokumentasi transmisinya. Terpelihara dengan baik dan tampaknya dikumpulkan sesuai kepentingan pribadi, memberikan wawasan tentang kepentingan intelektual dan budaya pemiliknya pada masa sebelum awal modernisasi; modernisasi telah secara radikal mengubah semua sektor kehidupan publik dan pribadi, sampai-sampai Refaiya akhirnya kehilangan nilai dan pengaruhnya sebagai perpustakaan manuskrip. Enter

Posting Komentar

0 Komentar