Portal Literasi Kebencanaan BNPB: Arsip dan Manuskrip

Enter

Portal Literasi Sejarah Bencana ialah situs yang berfungsi mengumpulkan aset arsip, artefak dan sumber primer sejarah kejadian bencana di Indonesia. Portal ini merupakan inisiasi dan dikelola oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beserta para mitra dari berbagai Kementerian, Lembaga, dan organisasi. Perwakilan Kementerian/ Lembaga maupun perseorangan dapat berkontribusi memasukkan aset arsip sejarah bencana berupa suatu laporan atau catatan-catatan atau kesaksian terkait suatu peristiwa, masyarakat, orang-orang, atau terkait urusan - urusan tertentu. 

 

Portal mengutamakan kontribusi arsip sejarah peristiwa bencana dalam bentuk sumber primer. Misalnya, jika terdapat video dokumentasi, maka sumber asli (raw footage) tersebut yang diutamakan.Portal ini dilengkapi dengan fitur utama:

  • Koleksi Arsip Sejarah Bencana, fitur yang memiliki kapabilitas mesin pencarian dan visualisasi distribusi spasial arsip.
  • Cerita Bencana, fitur story telling sejarah kejadian bencana-bencana besar di Indonesia untuk memudahkan pencarian arsip terkait secara spasial dan temporal.
  • Artikel Sejarah Bencana adalah rangkuman informasi dari arsip sumber primer sejarah kebencanaan untuk memudahkan pembaca umum.

Posting Komentar

0 Komentar