Islamic Manuscript at the Leipzig University Library


Proyek ini merupakan digitalisasi dan akses online manuskrip Arab, Persia, dan Turki di Perpustakaan Universitas Leipzig. Dari Oktober 2012 hingga Januari 2015, manuskrip Arab, Persia, dan Turki yang tersisa di Perpustakaan Universitas Leipzig dan belum dikatalogkan atau didigitalkan, akan menjalani proses katalogisasi dan digitalisasi online terakhir. Dengan demikian, semua manuskrip Arab, Persia, dan Turki di Perpustakaan Universitas Leipzig akan dapat diakses secara online pada tahun 2015. Proyek ini didukung oleh Yayasan Penelitian Jerman (Deutsche Forschungsgemeinschaft, DFG).

 

Berikut ini koleksi Perpustakaan Universitas Leipzig yang menjadi bagian dari proyek:

  • 376 manuskrip bekas Perpustakaan Senat (Ratsbibliothek), yang berganti nama menjadi Perpustakaan Kota (Stadtbibliothek) pada tahun 1831. Pada tahun 1962, mereka menjadi bagian dari Perpustakaan Universitas. Koleksi ini memiliki classmark B. atau. Katalog ini telah dikatalogkan secara rinci oleh Heinrich Leberecht Fleischer (1801-1888) dalam katalog Latinnya “Codices Orientalium Linguarum”, diterbitkan pada tahun 1838. Katalog ini dapat dibaca dan diunduh, di samping terjemahan bahasa Inggris yang diringkas, di situs web ini di bawah “Katalog Sejarah ”.
  • 302 naskah milik Perpustakaan Universitas. Mereka telah dikatalogkan oleh Karl Vollers (1857-1909) dalam “Katalog der islamischen, christlich-orientalischen, j├╝dischen und samaritanischen Handschriften der Universit├Ątsbibliothek zu Leipzig“, yang diterbitkan pada tahun 1906. Koleksi ini memiliki tanda kelas Vollers . Katalog dapat dibaca dan diunduh di situs web ini di bawah “Katalog Sejarah”.
  • 17 manuskrip milik Perpustakaan Universitas yang belum dikatalogkan oleh Karl Vollers. Mereka memiliki tanda kelas Vollers.
  • 301 manuskrip yang telah diperoleh oleh Orientalis Oskar Rescher (1883-1972) di Istanbul antara tahun 1925 dan 1931. Mereka memiliki merek dagang Cod. Arab., Cod. Pers., dan Cod. Turc.
  • 51 manuskrip dari koleksi sinolog dan ahli bahasa Leipzig Hans Georg Conon von der Gabelentz (1840-1893) yang telah diakuisisi oleh Perpustakaan Universitas pada tahun 1965. Mereka memiliki tanda kelas Ms. Gabelentz.
  • 4 manuskrip dengan Ms.-classmarks yang sebelumnya telah terintegrasi dalam kepemilikan manuskrip Eropa
  • 17 manuskrip dari perkebunan ahli Iranologi dan Orientalis Wilhelm Eilers (1906-1989). Mereka menjadi bagian dari Perpustakaan Universitas pada tahun 2003 dan memiliki tanda kelas Ms. Or.
  • 1 manuskrip Persia, sebelumnya milik keluarga Apel dari Leipzig. Itu dibeli oleh Perpustakaan Universitas pada tahun 2006 dan memiliki tanda kelas Ms. Apel.
  • Koleksi sekitar 54 folio tunggal, terutama terdiri dari ferman Utsmaniyah-Turki. Mereka memiliki tanda kelas Ms. Or.
  • 488 manuskrip perpustakaan keluarga Damaskus "Refaiya", yang telah diperoleh untuk Perpustakaan Universitas pada tahun 1853, telah dikatalogkan, didigitalkan, dan dipelajari dalam lingkup proyek penelitian "Refaiya". Mereka dapat diakses secara online di www.refaiya.uni-leipzig.de.

 

Bentuk katalog tidak menyertakan deskripsi konten teks, informasi tentang salinan lebih lanjut di perpustakaan, edisi, atau terjemahan lain.. Hanya akan ada informasi tentang munculnya tanda air, iluminasi, dan miniatur, fitur-fitur ini tidak akan dijelaskan secara rinci. Enter

Posting Komentar

0 Komentar