Arabic Manuscripts from West Africa: A Catalog of the Herskovits Library Collection


Perpustakaan Studi Afrika Melville J. Herskovits di Universitas Northwestern menampung koleksi penting bahan tulisan Arab dari Afrika Barat. Ini berisi lebih dari 5.000 item yang dikumpulkan dari Afrika dan disumbangkan ke perpustakaan oleh beberapa profesor Northwestern. Naskah asli yang ditulis tangan membuat lebih dari 60 persen konten, yang juga mencakup edisi "pasar" (fotokopi karya tulisan tangan yang sering dijual di pasar Afrika), edisi cetak, dan fotokopi. Sebagian besar dalam bahasa Arab, meskipun beberapa dalam bahasa ajami—bahasa Afrika seperti Hausa, Fulfulde, dan Wolof yang ditulis dalam aksara Arab.

 

Koleksi ini menyatukan konsentrasi karya penulis Afrika Barat yang mengesankan, terutama dari abad ke-19 dan ke-20, menjadikannya sumber daya yang unik dan berharga bagi para sarjana yang tertarik pada produksi pengetahuan Islam di Afrika Barat (untuk informasi lebih lanjut tentang tradisi ini, lihat “ Konteks Historis"). Ini sangat kuat dalam karya-karya dari Nigeria utara (khususnya Kano) tetapi juga termasuk barang-barang dari Ghana, Senegal, dan Mali. Karya-karyanya mencakup berbagai mata pelajaran, termasuk puisi, tata bahasa Arab, sejarah, teologi, tasawuf, hukum, astronomi, dan numerologi. Sorotan meliputi kumpulan karya yang kaya tentang tarekat Sufi Tijâniyya, contoh puisi Hausa yang bagus, dan tulisan tentang pengobatan dan penyembuhan.

 

Situs web ini menyediakan informasi tentang katalog, yang berisi entri dari empat koleksi terpisah: Koleksi Umar Falke, Koleksi John Paden, Koleksi John Hunwick, Koleksi Universitas Ghana, dan akses melalui NUsearch, alat pencarian penemuan Perpustakaan Northwestern.

 

Dukungan untuk katalogisasi awal koleksi pada 1990-an diberikan oleh National Endowment for the Humanities. Antara tahun 2005 dan 2007, Yayasan Andrew W. Mellon memberikan hibah kepada Institut Studi Pemikiran Islam di Afrika (ISITA) di Program Studi Afrika Northwestern untuk melengkapi katalog dan membuatnya dapat diakses melalui web.

 

Didirikan pada tahun 1954, Perpustakaan Herskovits berisi hampir 300.000 volume dan merupakan perpustakaan terpisah terbesar untuk studi Afrika yang ada. Koleksinya mendukung penelitian tentang manuskrip Arab. Akses ke materi cetak dalam koleksi Perpustakaan Herskovits tersedia melalui katalog online Perpustakaan Universitas Northwestern, NUsearch. Enter

Posting Komentar

0 Komentar