Sastra Jawa: Program Digitalisasi Sastra Daerah Yayasan Sastra Lestari (Yasri)

 

Situs web ini dibangun dan dipersembahkan sebagai kanal penyebar­luasan hasil kerja-kerja digitalisasi kami, Yayasan Sastra Lestari (Yasri). Sejak 1997, kami turut ambil bagian dalam upaya penyelamatan dan pelestarian karya-karya sastra daerah Nusantara, utamanya sastra Jawa. Ribuan judul karya sastra Jawa sebagian besar sudah kami salin ke teks digital; selebihnya, dalam bentuk citraan digital.

Materi koleksi digital kami, untuk sementara waktu, dikhususkan pada naskah sastra Jawa dari Jawa Tengah dan sekitarnya yang digubah pada sepanjang abad ke-19 hingga awal abad ke-20. Naskahnya berupa tulisan tangan (carik) maupun cetakan (cithak). Metrumnya ada yang prosa (gancaran), ada yang puisi (tembang).

Karya-karya yang termasuk langka itu nyaris seluruhnya dianggit dalam aksara Jawa. Kerja kami, selain mengetik dan memotret, juga mengalih­aksarakan aksara Jawa itu ke aksara Latin. Salinan ditampilkan persis sesuai sumbernya. Catatan-kaki kami bubuhkan sebagai usulan atau masukan manakala ditemukan hal-hal yang dirasa kurang jelas, kurang valid, atau kurang sempurna penulisannya.

Tujuan kerja kami, dengan demikian, adalah mendedikasikan diri sebagai salah satu sumber digital terpercaya tempat data-data primer sastra Jawa dapat dibaca, ditelusuri, dan dikaji secara mahardika oleh siapa saja. Untuk itu, kami berkomitmen menempuh langkah-langkah berkesinam­bungan yang diiringi peningkatan layanan, termasuk dengan terus melengkapi judul karya sastra berikut informasinya, serta menyem­purnakan fasilitas dan peranti yang telah ada. Enter

Posting Komentar

0 Komentar