Medieval Manuscripts (700-1200): Manuskrip Abad Pertengahan Kerja Sama Inggris & Prancis



Program berjudul "Inggris dan Prancis, 700–1200: manuskrip abad pertengahan dari BnF dan British Library", mencakup delapan ratus manuskrip yang diawetkan dalam bagian yang sama oleh BnF dan British Library. Kedua perpustakaan ini menyimpan dua koleksi manuskrip abad pertengahan terbesar di dunia. Manuskrip telah dipilih karena signifikansi historisnya dalam hal hubungan antara Prancis dan Inggris selama Abad Pertengahan. Mereka juga memiliki minat artistik, sejarah atau sastra yang unik. Diproduksi antara kedelapan dan akhir abad kedua belas, mereka mencakup berbagai mata pelajaran, menggambarkan produksi intelektual selama awal abad pertengahan dan periode Romawi. 

 

Di antara manuskrip-manuskrip ini ada beberapa contoh yang berharga dan diterangi dengan mewah seperti Benedictional of Winchester sekitar tahun 1000, Bible de Chartres sekitar tahun 1140 atau Great Canterbury Anglo-Catalan Psalter yang diproduksi sekitar tahun 1200. Dengan korpus ini menjadi kepentingan ilmiah yang tak terbantahkan, program ini juga ditandai dengan beberapa operasi pemulihan naskah: digitalisasi, diseminasi online, restorasi, deskripsi ilmiah dan bahkan mediasi. 

 

Salah satu komponen dari program ini mencakup digitalisasi dari delapan ratus manuskrip dan publikasi online mereka di BnF dan perpustakaan digital British Library, Gallica dan Digitized Manuscripts. Aspek lain berfokus pada menampilkan manuskrip ini di dua situs web. Situs web ini menyediakan akses ke semua 800 manuskrip proyek. Dibuat oleh BnF berdasarkan infrastruktur “Gallica marque blanche” (Gallica white label), menggunakan standar International Image Interoperability Framework(IIIF) dan Mirador viewer, manuskrip yang dipegang oleh BnF dan British Library dapat dilihat dan dibandingkan secara berdampingan sisi dalam perpustakaan digital yang sama atau beranotasi. Pengguna web dipandu dalam eksplorasi mereka melalui mengakses "tema", "penulis", "tempat" dan "berabad-abad". Situs web Abad Pertengahan Inggris dan Prancis, 700–1200, yang ditujukan untuk khalayak umum yang luas, telah dibuat oleh British Library untuk menyoroti pilihan manuskrip proyek dalam konteks sejarah dan budaya mereka. Enter

Posting Komentar

0 Komentar