Dari Teori Kinetik Gas Al-Farabi Hingga Geometri Al-Khwarizmi: Manuskrip 'Generasi Emas Muslim' di Perpustakaan Bodleian, University of Oxford


Arsip Digital Bodleian membuat sebagian dari koleksi perpustakaan Bodleian terbuka untuk berbagai macam pengguna dari seluruh dunia untuk pembelajaran, pengajaran, dan penelitian. Digitalisasi Bodleian pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 dengan tujuan menyatukan konten digital dari koleksi Perpustakaan Bodleian yang luar biasa dan kaya ke dalam satu portal. Perpustakaan Bodleian telah mendigitalkan konten sejak awal 1990-an dan Bodleian Digital dirancang untuk memungkinkan akses ke konten itu untuk audiens seluas mungkin.

 

Digital Bodleian dengan cepat memantapkan dirinya sebagai sumber daya utama untuk penelitian dan pengajaran berdasarkan koleksi Perpustakaan Bodleian, dan penggunaannya terus meningkat selama bertahun-tahun sejak diluncurkan. Situs ini telah diluncurkan kembali, pada akhir tahun 2020, dengan antarmuka pencarian dan penemuan yang baru dan lebih baik.

 

Perpustakaan Bodleian berkomitmen untuk mendigitalkan sebanyak mungkin koleksi koleksi khusus kami, tetapi banyaknya koleksi menjadikan hanya sejumlah kecil yang tersedia secara online. Jika Anda ingin menjelajahi koleksi khusus kami lebih lanjut, ada sejumlah sumber online tambahan yang tersedia. Ini termasuk katalog perpustakaan utama untuk koleksi cetak, di mana informasi tentang, buku-buku langka dapat ditemukan; Arsip & Manuskrip Bodleian, yang berisi informasi tentang koleksi arsip dan manuskrip pasca-1500 kami; dan banyak katalog TEI, yang berisi catatan untuk koleksi manuskrip Barat abad pertengahan dan non-Barat kami. Panduan tentang semua alat bantu pencarian kami yang tersedia disediakan oleh Koleksi Khusus Perpustakaan Weston. Jika ragu, silahkan hubungi kami.

 

Digital Bodleian juga bekerja dalam kemitraan dengan sejumlah perguruan tinggi Oxford dan proyek Digital Humaniora untuk mengirimkan gambar koleksi mereka. Selain tim tersebut, proyek untuk meluncurkan kembali Digital Bodleian mendapat manfaat dari kerja keras Wendy Maule, Manajer Proyek Digital, dan mantan anggota staf Andrew Hankinson dan Emma Stanford, yang memberikan arahan yang sangat berharga dalam pengembangan teknis dan kurasi konten, dan Gabriel Ignat, yang memimpin desain baru.

 

Kami ingin berterima kasih kepada mitra pengembangan kami yang luar biasa, Hermann Germann yang berkolaborasi dengan kami dalam desain, dan rekan kami di koleksi khusus Bodleian atas bantuan mereka dalam memberikan informasi kontekstual untuk koleksi digital ini. Kami juga ingin berterima kasih kepada anggota grup pengguna Digital Bodleian, yang bekerja bersama kami untuk menguji dan menyempurnakan halaman baru. Enter




Posting Komentar

0 Komentar