Risalah “Madinatullah” Pastor Augustine di Biara Benediktin St. Pantaleon

Di antara harta karun Hamburg dan perpustakaan universitas terdapat manuskrip risalah De civitate Dei ("Di Kota Allah"), yang ditulis oleh Pastor Augustine Gereja antara tahun 412 dan 426. Volume itu diproduksi di c. 1150-70 di Biara Benediktin St. Pantaleon di Cologne. Skriptorium biara terkenal karena manuskrip liturgi yang mewah dari zaman Ottonian (abad ke-10). Tanah emas miniatur mereka berfungsi tidak hanya untuk memamerkan kekayaan komisaris mereka, berkilau dalam cahaya lilin selama perayaan Misa, emas juga membuat kehadiran Tuhan menjadi nyata. Dibandingkan dengan manuskrip-manuskrip sebelumnya, kodeks yang memuat risalah Agustinus relatif sederhana. Hanya halaman judul dan dua halaman pajangan ornamen yang telah didekorasi secara ekstensif, tetapi juga tidak mengandung miniatur, pigmen berharga, atau daun emas. Apakah pembuat manuskrip ini dilakukan tanpa potensi semantik tidak hanya dari gambar, tetapi juga dari bahan berharga? Atau apakah mereka, sebagai bagian dari pengantar yang diatur dengan hati-hati terhadap risalah bapa gereja, menemukan cara untuk membangkitkan implikasi simbolis dari emas dan pewarna yang mahal tanpa menggunakan bahan yang sebenarnya untuk menyajikan karya itu dalam cahaya yang tepat (yaitu surgawi)?

 

Naskah itu hampir menemui nasib yang mirip dengan manuskrip ini pada 1704, telah dipotong-potong dan terpisah, bersama dengan dua manuskrip abad pertengahan lainnya dari biara, ditawarkan di Pameran buku Frankfurt sebagai perkamen bekas untuk digunakan kembali oleh penjilid buku. Namun, sebaliknya, mereka dibeli oleh sarjana Frankfurt Zacharias Conrad von Uffenbach, yang sebagian besar koleksinya saat ini merupakan bagian penting dari koleksi Hamburg dan Perpustakaan Universitas.

 

Ketika seseorang membuka bukunya, yang telah dipantulkan kembali, untuk mulai membaca, hal pertama yang dilihatnya adalah halaman judul (f. 1r, gbr. 1). Itu ditulis dalam skrip tampilan dalam dua belas baris, dengan tinta merah dan hijau bergantian, di atas perkamen telanjang, dan dibingkai oleh batas yang terdiri dari pola geometris sederhana. Namun, bukan risalah itu sendiri yang diperkenalkan, tetapi kutipan dari karya Augustine lainnya, Retractiones ("perawatan ulang"). Di sini, Agustinus menulis tentang De civitate Dei, dan ini mendahului karya itu sebagai prolog. Membalik halaman, pada kebalikan (verso) dari halaman judul, prolog ini terbuka dengan halaman tampilan. Di atas tanah berwarna merah keunguan tampak terjalin inisial IN, diikuti dengan kata pertama “(IN) terea Roma [Gothorum irruptione… eversa est]”] (Sementara Roma telah digulingkan oleh invasi Goth… (f. 1v, gbr. 2). Prolog kemudian berlanjut di halaman yang berlawanan (f. 2r). Agustinus telah menulis risalahnya setelah jatuhnya kekaisaran Romawi, yang mengakibatkan krisis yang mendalam pada agama negaranya, Kristen.

 

Memutar lembaran lain, risalah yang tepat dimulai, di mana Agustinus membela agamanya terhadap keyakinan beberapa orang sezamannya yang menganggap jatuhnya Kekaisaran Romawi sebagai akhir dari Kekristenan. Dengan Civitas Dei-nya, Agustinus menetapkan model komunitas iman gereja yang didirikan di atas konsep teologis dan historis daripada konsep politik dan topografi. Dalam kodeks, risalah dimulai dengan halaman tampilan lain (f. 2v, gbr. 3) dengan inisial besar dan kata-kata pertama dari De civitate Dei, kali ini di atas dasar oker: "(G) loriosissimam city Dei" ("Kota Tuhan yang paling mulia").

 

Kodeks dari St. Pantaleon sangat mengesankan karena ukurannya yang besar dan volumenya. Dekorasinya memiliki kualitas artistik yang tinggi, tetapi bahan dan teknik yang digunakan relatif sederhana. Tidak hanya daun emas yang digunakan, tetapi inisialnya, yang dibentuk dari gulungan sulur yang riang dan rumit dan dibingkai oleh batas-batas fret Yunani ilusionistik, tidak dilukis secara rumit dalam warna-warna buram, tetapi digambar dengan tinta dan diatur dengan latar belakang berwarna sederhana.

 

Ada kemungkinan bahwa memilih bahan dan teknik yang relatif sederhana adalah pilihan yang disengaja. Abad ke-12 adalah masa yang sulit bagi komunitas biara yang hidup menurut aturan St. Benediktus. Hal itu ditandai dengan upaya reformasi, di antaranya kembalinya kemiskinan para pengikutnya. Beberapa percaya bahwa penggunaan bahan berharga adalah tanda pasti dari dekadensi duniawi; yang lain berpendapat bahwa emas dan batu permata yang berkilau adalah tanda penghormatan dan simbol cahaya surgawi dan kehadiran ilahi. Selain itu, meskipun karya bapa gereja dijunjung tinggi, mereka tidak menuntut tingkat penghormatan yang sama seperti kata-kata wahyu ilahi yang tertulis dalam buku Injil emas orang Otton.

 

Dalam kodeks Koln, hanya beberapa warna yang digunakan: merah dan hitam, yang juga digunakan untuk sebagian besar gambar pena, serta hijau, biru, dan sedikit warna oker. Warna-warna ini juga digunakan untuk banyak inisial yang lebih kecil di seluruh kodeks. Satu-satunya pengecualian adalah latar belakang berwarna dari dua halaman tampilan. Ini bukan pilihan warna acak: gelap, merah keunguan yang menjadi dasar penyetelan inisial prolog (gbr. 2) pasti langsung mengingatkan pembaca abad pertengahan ungu, pewarna mahal yang merupakan hak prerogatif kaisar, raja, dan - dalam gambar dan benda liturgi - Kristus. Beberapa ahli telah menggambarkan tanah oker dari halaman tampilan di awal risalah yang tepat sebagai disepuh. Melihatnya dengan cermat, bagaimanapun, tidak ada jejak emas yang sebenarnya. Sebaliknya, permukaannya tidak matte seperti sisa perkamen yang dicat, tetapi halus dan dipoles, dengan kilau lilin, membangkitkan emas tidak hanya di benak para sarjana modern tetapi mungkin juga di benak rekan-rekan abad pertengahan mereka. Meskipun pewarna ungu dan emas sebenarnya belum digunakan di sini, dengan menyinggung warna dan teksturnya, dimensi semantiknya tetap muncul: kaisar dan cahaya (surgawi). Ketika pembaca membalik halaman-halaman kodeks, halaman "ungu", yang di atasnya tertulis nama Roma, ibu kota kekaisaran kuno, ditutupi dengan halaman "emas" yang menyatakan "kota Tuhan yang paling mulia". Dengan demikian, pengantar risalah yang diatur dengan hati-hati ini memberikan ekspresi yang terlihat pada gagasan yang merupakan inti dari De civitate Dei Augustine: pusat Kekristenan yang lama, yang didefinisikan secara topografis dan politis secara simbolis diganti dengan yang didasarkan pada fondasi teologis dan historis.










Sumber: Center for the Study of Manuscript Culture (CSMS)

Posting Komentar

0 Komentar