Peluang Dana Hibah ACC-MOWCAP UNESCO 2021

Di kawasan Asia Pasifik, banyak perpustakaan, arsip dan lembaga memori menghadapi tantangan berat: ekonomi, iklim dan geografis. Program Hibah Kecil ACC-MOWCAP bertujuan untuk berkontribusi mengatasi tantangan ini dengan membantu pelestarian dan akses universal ke warisan dokumenter kawasan Asia-Pasifik, dan juga untuk meningkatkan kesadaran akan keberadaan dan pentingnya warisan. 

 

Untuk menjawab tantangan ini, pada 2018, Asia Culture Center (ACC) dan UNESCO Memory of the Komite Dunia untuk Asia dan Pasifik (MOWCAP) meluncurkan Program Hibah Kecil ACC-MOWCAP. Program ini mendukung upaya dari banyak kelompok dan organisasi yang mengumpulkan, dan melestarikan dan menyediakan akses ke warisan dokumenter dari kawasan Asia-Pasifik. Ini bertujuan untuk mendorong kolaborasi dan kemitraan untuk melakukan proyek (misalnya pelestarian bahan, digitalisasi, pameran, dan publikasi) sebagai serta untuk mengembangkan keterampilan dan sumber daya (misalnya lokakarya, program pelatihan, penilaian ahli). 

 

Program Hibah Kecil ACC-MOWCAP telah berdampak besar di wilayah tersebut. Sejak awal Dari program tahun 2018, 28 proyek di 13 negara telah didukung melalui pendanaan 100.500 (USD). Jenis warisan dokumenter yang didukung beragam, termasuk balok kayu, daun lontar manuskrip, film seluloid, kaset VHS, cetakan foto, prasasti batu, koran dan dokumen. Jenis proyek yang didukung juga beragam, melibatkan pelestarian, digitalisasi, produksi buku, film dokumenter dan katalog serta menyelenggarakan seminar dan program pelatihan.

 

Asia Culture Center (ACC) dan UNESCO Memory of the World Committee for Asia and the Pacific (MOWCAP) meluncurkan Program Hibah Kecil ACC-MOWCAP untuk mendukung arsip, museum dan perpustakaan di Asia-Pasifik untuk melakukan proyek dan inisiatif inovatif untuk melestarikan dan memberikan akses ke koleksinya. Hibah tersebut mendukung tujuan keseluruhan dari Memori Dunia (MoW) UNESCO untuk meningkatkan pelestarian dan akses ke warisan dokumenter umat manusia. Informasi terperinci tentang Dana ACC-MOWCAP dapat ditemukan di Panduan Hibah.

Posting Komentar

0 Komentar