Hevajratantraṭīkā: Jalan Menuju Pencerahan Sempurna "Bodhisattva"

Siapapun yang memiliki minat, akademisi atau lainnya, dalam Buddhisme tantra India hampir pasti akan menemukan salah satu kitab suci paling berpengaruh dari bentuk agama ini, Hevajratantra. Tetapi tanpa penjelasan rinci, mantra Hevajratantra tidak dapat dipahami atau ditafsirkan. Seperti halnya dengan kebanyakan tantra, komentar praktis sangat diperlukan, bahkan untuk para sarjana berpengalaman, untuk menafsirkan teks dengan benar. Komentar (tafsir) seperti itu penting bagi praktisi, karena jika tidak, latihan tantra tidak dapat dilakukan dengan benar sehingga pencerahan tidak dapat dicapai. Bagi komentator (penafsir), pencapaian pencerahan di pihak praktisi adalah salah satu tujuan utama. Tapi siapa yang menulis komentar, jika bukan sarjana biasa? Dan bagaimana dia tahu apa interpretasi yang benar dan cara penampilan yang benar?

 

Salinan Hevajratantraṭīkā, 'Komentar (Tafsir) tentang Hevajratantra', yang disajikan di sini adalah manuskrip daun palem yang mungkin diproduksi sekitar akhir abad ke-12. Ini ditulis dalam aksara India Timur (kadang-kadang disebut Māgadhī) dan aslinya terdiri dari 58 folio. Sayangnya, sejumlah folio belum diawetkan atau ditemukan. Saat ini, yang telah ditemukan disimpan di Perpustakaan Kaiser, Kathmandu.

 

Naskah ini sangat menarik karena folio terakhir (f. 58r, ditunjukkan di bawah) memberi tahu kita bahwa itu disalin di Vikramaśīla, salah satu universitas biara Buddha terbesar di India Timur. Selain itu, itu adalah salinan resmi untuk perpustakaan biara yang telah dihancurkan seluruhnya. Itu mencerminkan sifat perpustakaan ini dan koleksinya yang sangat sedikit yang diketahui sampai sekarang. Berkat manuskrip ini dan juga beberapa manuskrip lainnya yang baru-baru ini diidentifikasi berasal dari Vikramaīla, setidaknya kami dapat memperoleh gambaran tentang harta karun perpustakaan Buddha yang terkenal ini.



Tetapi naskah ini juga sangat penting dalam hal lain, yaitu isinya. Tradisi tantra dicirikan oleh formula dan rahasia mistik yang kompleks terkait pertunjukan, misalnya konsekrasi, yang hanya boleh diajarkan kepada murid yang setia oleh Guru atau Mahaguru. Dengan demikian kompleksitas dan rahasia Hevajratantra yang secara langsung berkaitan dengan pelaksanaan ritual, yang bertujuan mencapai pencerahan sempurna, juga tidak selalu mudah untuk dipahami, bahkan bagi para sarjana atau praktisi. Oleh karena itu, komentar atas teks semacam itu diperlukan untuk pemahaman yang lebih baik tentang teks itu sendiri dan pelaksanaan ritual tantra. Ayat pengantar dari komentar ini memberi tahu kita bahwa ini menjelaskan rahasia Hevajratantra, yang merupakan tantra yang relatif singkat, yang terdiri dari 750 bait. Kita juga belajar bahwa tantra komentar adalah bagian kecil dari akar-tantra (mūlatantra), sebuah karya komprehensif yang terdiri dari 500.000 bait.

 

Komentar berlanjut dengan bagian ekstensif di mana komentator lain dikritik tajam karena mencoba menjelaskan Hevajratantra tanpa memiliki kekuatan supernatural atau akses ke akar-tantra dari karya tersebut. Bagaimanapun, penulis Vajragarbha mengklaim memiliki keduanya, dan sebenarnya dia adalah seorang Bodhisattva. Seorang Bodhisattva adalah makhluk tercerahkan yang esensinya adalah pengetahuan sempurna dan yang membantu makhluk hidup dalam proses mencapai pencerahan. Vajragarbha mengaku sebagai Bodhisattva yang menghadiri ajaran asli tantra dan merupakan salah satu lawan bicara utama Buddha. Melalui penjelasan ini, ia memfasilitasi penggunaan mantra Hevajratantra, mengoreksi interpretasi yang salah dari orang lain, dan dengan demikian membantu makhluk hidup untuk mencapai pencerahan dalam kehidupan ini.

 

Simbol-simbol dalam manuskrip ini digunakan untuk membatasi teks secara visual, tetapi juga memiliki makna yang lebih spesifik. Dalam konteks ini, simbol pertama yang membatasi pernyataan penyalin di akhir volume (baris keempat) sangat penting. Ini mungkin dimaksudkan sebagai vajra bergaya bunga, sebuah alat ritual utama yang pada saat yang sama, antara lain, simbol identitas diri dari bentuk Buddhisme ini (yang menyebut dirinya Vajrayāna) dan non-konseptual, non- ganda, gnosis kebangkitan atau pencerahan.

 

Untuk menempatkan penciptaan Hevajratantraṭīkā dalam konteks, penting untuk menyadari lingkungan sosial dan terutama ide-ide agama yang dominan selama abad ke-9-12 Masehi. Buddhisme Tantra, serupa dengan tradisi agama lain, terdiri dari berbagai aspek dan komponen aliran pemikiran lain, termasuk bentuk-bentuk Buddhisme lainnya. Lingkungan kontemporer India sangat dinamis dan banyak kelompok baru terbentuk, bersaing satu sama lain untuk menarik pengikut baru. Buddhisme Vajrayāna tampaknya telah mengalahkan banyak bentuk lainnya karena klaimnya yang menarik untuk menawarkan Kebuddhaan tanpa harus mengatasi kesulitan yang parah dan menghadapi cara hidup yang keras dan bertahan lama. Pencerahan dalam kehidupan mereka saat ini dan berbagai kekuatan magis pasti telah memesona dan meyakinkan banyak orang.

 

Komentar dalam manuskrip ini adalah salah satu teks paling awal dari sistem Kālacakra dari Buddhisme tantra India yang menegakkan tradisi baru ini dan menjaganya tetap hidup hingga saat ini. Sistem ini terkenal saat ini terutama karena umumnya dianggap sebagai tradisi tantra tertinggi dalam Buddhisme Tibet; dan bahkan Dalai Lama, misalnya, sering mengacu padanya dan menginisiasi praktisi ke dalam tradisi ini.









Sumber: Center for the Study of Manuscript Culture (CSMS)

Posting Komentar

0 Komentar