Kursus Intensif Manuskrip Arab-Islam Oleh Qatar National Library

Pengantar Manuskrip Arab-Islam adalah kursus intensif yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Qatar dan Ketua Sejarah dan Kebudayaan Islam, Universitas Tübingen, Jerman. Inti dari kursus pengantar ini adalah manuskrip dan pengetahuan yang dikandungnya. Kursus ini terdiri dari enam ceramah erbuka dan tiga sesi praktik tertutup, membawa siswa pada eksplorasi warisan intelektual Islam dari asal-usulnya hingga era modern.


Perkuliahan dimulai dengan menelusuri perspektif fundamental warisan, bersama dengan istilah, konsep, dan disiplin terkait yang berhubungan dengan manuskrip. Setelah survei bahan dan format penulisan, kami akan fokus pada tradisi naskah Arab-Islam, menguraikan aspek tekstual dan fisiknya. Kami juga akan membahas sejarah budaya dan dokumentasi dan kepenulisan Al-Qur'an dan Hadits, serta isu-isu dalam sejarah membaca, pembelajaran dan transmisi ilmu pengetahuan, peran perpustakaan, perdagangan buku, dan penyusunan edisi.

 

Dalam mata kuliah ini, kami mengikuti siklus hidup dinamis dari naskah dan teks, mulai dari asal mula karya (kepenulisan) dan manifestasi serta hubungan tekstualnya, melalui produksi naskah, hingga penerimaan keduanya dalam bahasa Inggris. masa lalu dan sekarang, dengan mempertimbangkan konteks sosial dan budaya. Di akhir kursus, Anda akan memiliki pengetahuan dasar dan konteks untuk lebih memahami konteks intelektual dan sosial dari buku-buku Arab-Islam dan berinteraksi dengan manuskrip dalam bahasa dan aksara Arab.

 

Kursus ini akan dibawakan oleh Mahmoud Zaki, Pustakawan Naskah di Perpustakaan Nasional Qatar, dan Regula Forster, Profesor Sejarah dan Kebudayaan Islam di Universitas Tübingen, dengan Juliane Müller, Rekan Peneliti di Departemen Studi Oriental dan Islam di Universitas Tübingen, sebagai dosen tamu. 



Kursus ini diajarkan dalam bahasa Arab dan Inggris, dengan interpretasi simultan. Tanya Jawab dan partisipasi dalam sesi bisa dalam bahasa Arab atau Inggris. Kursus akan dilakukan secara online melalui Zoom. Untuk menghadiri kuliah terbuka kursus (tersedia 500 kursi), silakan mendaftar di bawah ini sebelum 20 Juni 2021. Anda akan menerima konfirmasi, dan tautan Zoom akan dikirimkan kepada Anda sebelum acara.

 

Kelayakan dan melamar sesi praktis:

 

Tiga sesi praktek akan memberikan peserta dari jarak jauh dengan "pengalaman praktek virtual" bekerja dengan manuskrip dari koleksi Perpustakaan Nasional Qatar, Perpustakaan Universitas Tübingen dan seterusnya. Sesi dibatasi hingga 15 peserta. Terbuka untuk semua individu dengan pemahaman dasar bahasa Arab klasik dan minat profesional atau ilmiah pada manuskrip.

 

Menerapkan: Peserta yang tertarik dengan sesi ini perlu mengirimkan CV singkat dan pernyataan motivasi melalui email (masing-masing maks. 1 halaman, dalam format PDF sebagai file tunggal) ke heritagelibrary@qnl.qa sebelum 15 Mei 2021. Tambahkan "Kursus Naskah" di garis subjek. Pelamar yang berhasil akan diberi tahu sebelum 31 Mei 2021, dengan batas waktu penerimaan 7 Juni 2021. Sertifikat kehadiran akan dikeluarkan atas permintaan.


Daftar https://events.qnl.qa/event/jeB91/EN

Posting Komentar

0 Komentar